Kasus kanker pada anak cenderung sulit untuk dideteksi dibandingkan kasus kanker orang dewasa. Selain tidak dapat diketahui penyebabnya. Kanker pada anak sulit untuk di screening lebih awal.

Fasilitas rumah sakit dan layanan kesehatan masih terbatas.

Layanan anak pengidap kanker di Yogyakarta dapat singgah sementara ke YKAKI Yogyakarta dan Yayasan Onkologi Anak Indonesia. Hal ini dikarenakan pihak rumah sakit memiliki jumlah kamar terbatas. Fasilitas Rumah Sakit Terbatas YKAKI Yogyakarta Siap Berikan Pelayanan Singgah Keterbatasan fasilitas menjadi tolok ukur bahwa perawatan anak pengidap kanker masih terabaikan. Jumlah total rumah sakit umum maupun khusus sekitar 2.813. sedangkan, rumah sakit yang menyediakan layanan dan fasilitas kesehatan anak pengidap kanker kurang dari 1%. Selain keterbatasan layanan kesehatan.

Kebutuhan yayasan juga penting agar anak dapat dipantau secara rutin dan mendapatkan pendidikan yang layak seperti anak pada umumnya. Salah satu yayasan yang mengembangkan pendidikan dan layanan pada anak pengidap kanker adalah YKAKI Yogyakarta:

1. Fasilitas Hunian

Yayasan yang didrikan oleh Eka Wibawa sebelum bergabung dengan YKAKI merupakan yayasan milik pribadi. Yayasan ini merupakan tempat singgah bagi anak- anak pengidap kanker saat berobat di Yogyakarta. fasilitas yang disediakan terdiri atas 5 ruang kamar. Setiap kamar terdiri atas 5 tempat tidur.

Jumlah kapasitasnya 15 orang tiap hari. pengobatan awal bagi anak pengidap kanker sekitar 2 tahun. Selama waktu tersebut anak harus rutin kontrol ke rumah sakit. Maka tidak jarang orang tua mengalami kesluitan finansial. Meskipun, ada BPJS biaya yang dikeluarkan masih cukup banyak. Pihak YKAKI Yogyakarta memberikan akomodasi kebutuhan kuarga bagi anak pengidap kanker.

Yayasan ini juga melakukan kerja sama dengan RSUP. Dr Sardito. Bagi anak pengidap kanker yang ingin singgah di YKAKI Yogyakarta harus didampingi anggota keluarga. Apabila ingin memanfaatkan fasilitas, orang tua sangat terbantu karena biaya yang dikeluarkan hanya Rp.5.000 per hari. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab orang tua.

2. Fasilitas Pendidikan

YKAKI Yogyakarta juga memberikan fasilitas pendidikan bagi anak-anak pengidap kanker untuk anak SD hingga SMA. Pihak yayasan juga memfasilitasi tenaga pengajar. Hal ini diharapkan agar anak dapat mengikuti pelajaran, menempuh ujian dan pelajarannya tidak tertinggal saat menjalani perawatan dan pengobatan.

Kasus kanker pada anakperlu menjadi perhatian karena pemicu kanker tidak dapat diketahui. Selain itu, deteksinya dapat dilakukan ketika kanker sudah mencapai stadium lanjut. Maka dari itu, pemerintah perlu memperhatikan ketersediaan fasilitas kesehatan terkait kanker anak. Kanker yang sering terjadi pada anak paling banyak adalah leukimia dan kanker tulang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here