Kota Yogyakarta merupakan sebuah kota yang terkenal dengan berbagai macam sajian kuliner yang sangat enak dan unik. Salah satunya adalah Wedang Ronde. Minuman satu ini sangat terkenal sekali di kota Yogyakarta. Biasanya Wedang Ronde khas Yogyakarta nikmat disajikan dan diminum pada saat malam hari.

Mengenal Wedang Ronde khas Yogyakarta

Bagi masyarakat khususnya Jawa Tengah pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman yang bernama wedang ronde. Wedang satu ini sebenarnya banyak dijual berbagai macam tempat di pulau Jawa. Akan tetapi wedang ronde khas Yogyakarta memiliki citarasa yang sangat khas dan berbeda dengan wedang ronde yang berada di kota manapun. Sebenarnya apa sih wedang ronde itu?

Wedang ronde adalah sebuah minuman yang terbuat dari bahan dasar jahe. Jahe yang sudah digeprek di rebus hingga menyatu jadi satu dengan air. Setelah itu, ditambahkan siraman air gula Jawa untuk menambah rasa dari wedang tersebut.

Lalu kenapa bisa disebut dengan wedang ronde? Bukanya itu hanya wedang jahe biasa ya? Disebut sebagai wedang ronde karena wedang ini disajikan dengan campuran ronde. Ronde adalah sebuah makanan yang terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan gula Jawa dan dibentuk bulat seperti klepon. Ronde ini biasanya akan dimasukkan ke dalam wedang tersebut.

Selain ronde biasanya juga ditambahkan kolang kaling, potongan roti dan taburan kacang tanah. Semua kombinasi bahan-bahan tersebut menciptakan citarasa yang sangat enak pada wedang ronde.

Selain itu, juga akan membuat wedang satu ini semakin terasa nikmat dan segar. Yang jadi favoritnya adalah bagian rondenya. Ronde akan terasa enak jika dinikmati bersama – sama dengan wedang jahenya. Memberikan sensasi rasa yang luar biasa.

Berapa Harganya?

Jika Anda ke Yogyakarta pasti Anda dengan sangat mudah sekali menemukan berbagai lapak yang menjual wedang ronde khas Yogjakarta sepanjang jalan. Apalagi jika Anda mencari di malam hari.

Jika Anda ingin meningkatkan semangkuk wedang ronde lengkap, Anda bisa datang ke Alun-Alun Kidul kota Yogyakarta. Di sana Anda bisa menikmati Wedang Ronde sembari menikmati suasana kota Yogyakarta pada waktu malam hari. Untuk harganya sekitar 5000-8000 rupiah per mangkoknya. Murag, bukan?

Selain menyegarkan, wedang ronde juga menyehatkan. Air jahe yang ada di dalamnya bisa mencegah dan menyembuhkan masuk angin dan perut kembung. Jadi, kalau ke kota Yogjakarta, jangan lupa ya mampir beli Wedang Ronde khas Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here