Siapa yang tak mengenal kesenian wayang wong atau wayang orang? Seagian besar orang sudah mengenalinya, bahkan sudah sejak dulu pertunjukan ini diselenggarakan. Kesenian wayang orang ini sendiri memberikan nilai atau ajaran – ajaran hidup.

Sehingga menjadi tontonan serta tuntunan hidup untuk masyarakat Jawa yang cukup relevan dengan perkembangan zaman.

Unsur Yang Ada Pada Pertunjukan Wayang Wong

Dalam sebuah pertunjukan wayang orang, tentu saja terdapat beberapa unsur penting yang harus ada. Adapun beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Gedung

Gedung tentu saja dijadikan sebagai tempat dimana pertunjukan wayang orang tersebut diselenggarakan. Kemudian di dalam gedung tersebut nantinya akan terdapat alat serta sarana pendukung dari pertunjukan. Misalnya saja panggung serta layar untuk latar belakang pergantian suasana.

2. Dalang

Seperti halnya pada wayang kulit, dalam wayang orang juga terdapat dalang. Dimana memiliki tanggung jawab atas semua pergelaran yang berlangsung, kemudian memimpin musik, bertindak sebagai penyaji dan membuat pertunjukan menjadi hidup.

3. Gamelan dan Pangrawit

Dari setiap pergelaran wayang orang tentu saja terdapat iringan gamelan beserta pengrawit untuk mengiringi serta mendukung suasana yang diinginkan. Selain itu ritme gamelan berfungsi untuk mendukung suasana dari pertunjukan.

4. Sutradara

Sutradara ini sendiri adalah seseorang yang mengarahkan serta mengkoordinasi semua unsur pertunjukan dan memiiki kecakapan. Jadi nantinya dapat mencapai sebuah pertunjukan yang berhasil.

5. Gerak Tari

Gerak tari ini adalah bagian dari keseluruhan pertunjukan wayang orang. Dan biasanya dalam panggung menggunakan tari tradisional klasik. Selain itu juga dibagi menjadi beberapa karakter seperti tari putri luruh, kemudian tari putri lanyap, tari putra gagah, tari putra lanyap dan juga gecul.

6. Busana

Merupakan sebuah kostum yang berfungsi untuk dapat menghidupkan perwatakan dari tokoh wayang yang dibawakan. Dalam artian sebelum berdialog, kostum yang dikenakan sudah dapat menunjukan karakternya.

7. Rias

Dengan adanya tata rias, tentu saja membuat wajah serta kepala orang yang memainkan karakter tersebut sesuai dengan peran dari tokoh wayang yang diinginkan.

8. Lampu dan Suara

Jika dulunya pertunjukan wayang orang hanya menggunakan penerangan api, saat ini sudah semakin canggih. Dimana menggunakan lampu dan listrik. Sedangkan untuk suaranya sendiri masih menggunakan kenthongan dan sound system.

Jadi itulah sedikit informasi mengenai apa saja unsur yang terdapat dalam sebuah pertunjukan wayang wong. Dengan demikian tentu saja akan menambah pengetahuan dan wawasan Anda dalam dunia perwayangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here