Tak dapat dipungkiri memang jika pandemi covid-19 sudah sangat berpengaruh pada berbagai macam sendi kehidupan. Ada banyak usaha yang gulung tikar sampai kehilangan pasar. Hal tersebut juga dialami para pelaku UMKM di Sleman. Tetapi beberapa sektor UMKM justru tumbuh dan semakin berkembang, salah satunya adalah UMKM kuliner Sleman.

Hal tersebut disampaikan oleh Pustopo selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman. Menurutnya pandemi sudah memunculkan UMKM baru, sebagai alternatif sumber keuangan masyarakat yang mana terdampak pemutusan hubungan kerja. Pertambahan yang terbilang cukup besar tercatat pada bidang usaha makanan dan minuman.

UMKM Kuliner Sleman Berkembang

Hal tersebut karena prioritas konsumsi belanja masyarakat di masa pandemi adalah sembako, makanan dan juga minuman. Meskipun dirinya tidak memungkiri jika pandemi sudah memukul sektor UMKM secara umum, dimana transaksi menurun sampai mati suri. Hal tersebut karena terdapat penurunan daya beli masyarakat dan berubahnya prioritas belanja dari masyarakat.

Dengan demikian, pihaknya terus melakukan upaya – upaya untuk dapat memastikan keberlangsungan usaha UMKM yang ada di wilayahnya.

Salah satu upaya untuk memastikan keberlangsungan UMKM tersebut dengan menggelar event Gebyar 2.000 UMKM yang mana dibuka secara bersamaan dengan Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional. Acara yang diadakan bersama Gojek melalui fitu GoFood tersebut akan berlangsung sampai tanggal 6 Desember 2020.

Teknologi Memiliki Peran Penting

Kegiatan promosi serta pemasaran dengan cara memanfaatkan teknologi digital untuk saat ini memangsangat penting. Terlebih dengan adanya kebijakan yang mengharuskan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, terutama kebijakan physical distanching. Hal tersebut juga sudah merubah kebiasaan dari masayarakat untuk lebih banyak belanja online.

Acara Gebyar 2.000 UMKM Sleman tersebut dilakukan dengan menggaet Gojek yang mempunyai mitra cukup besar secara kuantitas dan juga pelanggan dan transaksi yang cukup tinggi.

Dengan kerjasama tersebut, pembeli nantinya akan memperoleh banyak keuntungan. Misalnya saja diskon produk dan juga diskon ongkos kirim.

Sedangkan untuk peserta Gebyar 2.000 UMKM, mereka nantinya akan mendapatkan promosi banner pada aplikasi GoFood, kemudian subsidi diskon harga produk, diskon ongkos kirim Rp 4.000,- dan juga subsidi free ongkir untuk Slemanmart dengan ketentuan belanja minimal RP 100.000,-.

Dengan adanya kegiatan tersebut tentu saja UMKM kuliner Sleman justru semakin naik dan berkembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here