Pengembangan UMKM saat ini memang sedang gencar dilakukan, oleh karena itu, untuk mendukung UMKM berdikari, Pemda DIY menggelar pameran virtual. Tujuan dari hal ini tentu saja agar nantinya UMKM di DIY dapat mandiri di tengah tekanan pandemi.

Sebelumnya, acara pameran secara virtual sudah pernah dilakukan pada bulan September 2020 lalu. Tetapi geralaran dari pameran kali ini akan mengusung tema yang menarik, yaitu “Dari Jogja yang Muda yang Berkarya” dan ditujukan untuk memperingati hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2020.

Sesuai dengan tema yang diusung, pameran virtual tersebut akan menampilkan beberapa karya para usahawan muda yang berasal dari berbagai bidang. Misalnya saja pada sektor kuliner, kerajinan sampai dengan fashion.

UMKM Berdikari Virtual Untuk Terbosan Baru

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi mengatakan jika pameran virtual ini dilakukan sebagai sebuah terobosan baru untuk dapat mendampingi pelaku UMKM agar dapat pulih di dalam menghadapi tantangan ketika pandemi.

“Terlebih UMKM di Yogyakarta mempunyai kontribusi yang cukup besar di dalam mendukung dan menyokong perekonomian di DIY dengan adanya sumbangsih sekitar 98%. Jadi perlu adanya dukungan dari semua pihak agar recovery perekonomian dapat terjadi,” ungkapnya.

Proses Transaksi Dilakukan Secara Digital

Dalam pameran virtua yang mana diikuti sekitar 30 UMKM yang berasal dari beragai idang ini tak hanya menampilkan produknya saja, tetapi juga transaksi yang dilakukan berbeda. Dimana pembayaran akan dilakukan secara digital dari platform media UMKM secara langsung.

“Tentu saja dengan dibuatnya pameran virtual bertujuan agar nantinya pelaku UMKM bisa memasarkan produknya kepada para konsumen. Sehingga juga dapat mendorong UMKM untuk dapat memperoleh pendapatan yang lebih,” ungkapnya.

Para Pelaku UMKM Dituntut Terus Berkreasi

Dengan merebaknya virus covid-19 ini, para pelaku UMKM dituntut untuk terus berkreasi, adaptasi dan inovasi.

“Dengan adanya pameran virtual tersebut, bisa membuat para pelaku UMKM untuk dapat saling bekerja sama ataupun bertukar informasi ketika masa perkembangan digital tersebut. Jadi sangat diharapkan dengan adanya relasi yang baik untuk para UMKM dapat meningkatkan produktiiivitas agar lebih optimal,” ungkapnya.

Jadi pemerintah daerah mendukung UMKM berdikari dengan menggelar pameran virtual tersebut, sangat diharapkan agar kondisi perekonomian semakin maju dan lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here