Tokoh seniman Butet Kartaredjasa baru – baru ini berkumpul dengan para seniman lukis di Yogyakarta. Di dalam kesempatan kali ini, beliau didaulat untuk menjadi model bagi para seniman tersebut. Selain itu juga ada putri Gus Dur, yaitu Yenny Wahid.

Butet sendiri menjelaskan jika melukis model untuk para seniman Jogja menjadi satu hal yang sangat penting adalah peristiwanya. Karena menurutnya hal satu ini menjadi satu momen yang dapat merekatkan persaudaraan ataupun persembahan ‘talijiwo” di antara beberapa teman senimannya.

“Kali ini menjadi reriungan yang berbeda, karena saya sendiri yang menjadi model. Dimana dilukis oleh para seniman lukis Indonesia, “ ujar Butet.

Ada Beberapa Tokoh Seniman Lukis Ternama Indonesia

Terdapat beberapa seniman lukis ternama di Indonesia yang turut hadir di dalam kegiatan tersebut. Misalnya saja Putu Sutawijaya, kemudian Hari Budiono, Ivan Sagita, Djoko Pekik, Bambang Heras dan yang lainnya.

Butet menyebutkan jika momen tersebut menjadi suatu kemewahan yang terkeren dan mungkin hanya akan bisa terwujud di Jogja. Karena sebuah kehangatan serta kerukunan selalu menciptakan rasa rindu yang ada di hati.

Kemiripan di antara objek dan juga lukisan bagi seorang Butet adalah nomor kesekian. Atau bisa dibilang tidak terlalu penting untuk bisa mirip atau persis 100%. Di dalam melukis model, sebenarnya yang terpenting adalah kemampuan dari seniman tersebut menangkap karakter tokoh ataupun objek yang akan dilukis nantinya.

“Asalkan sudah mendapatkan momentum karakter, kemudian bentuk globalnya, hal tersebut sudah cukup. Untuk warna dan detailnya menjadi urusan yang kesekian kali karena ungkapan rasa kegembiraan tersebut yang sangat bernilai,” ucap Butet.

Senior dan Junior Dapat Saling Meledek

Yang menarik adalah di dalam kegiatan tersebut, baik pelukis senior ataupun junior nantinya dapat saling meledek. Momen itu akan terasa sangat langka untuk Butet. Bahkan jika dilihat 20 tahun mendatang, beliau menilai, kenangan hari ini akan menjadi satu bahan tertawaan bersama.

Menjadi Sebuah Momentum Langka

Di tengah berlangsungnya kegiatan tersebut, hadir pula putri Gus Dur, Yenny Wahid. Hal tersebut tentu saja menjadi sebuah momentum yang langka. Sehingga beberapa seniman lukis tersebut memanfaatkan kehadiran dari putri mantan presiden tersebut untuk melukisnya.

Bahkan ada juga Soimah Pancawati yang secara cuma – cuma hadir untuk menghibur para seniman yang hadir kala itu.
Momen tersebut menjadi satu momen yang membahagiakan untuk para tokoh seniman dan menjadi satu hal yang dirindukan dan ingin kembali ke Jogja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here