Peran teknologi dan dunia pendidikan sangat menunjang perkembangan pertanian menjadi lebih inovatif dan melek digital.

Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara agraris dan tengah memasuki revolusi Industri 4.0. Maka bidang pertanian juga perlu meningkatkan peran teknologi untuk mendapatkan hasil produktivitas tinggi. Peran web mapping sangat penting dalam memetakan lahan pertanian untuk membantu meningkatkan produktivitas dan informasi pertanian lebih detail.

UKDW Bantu Petani Melek Digital Melalui Web Mapping

Penelitian mengenai sistem lahan pertanian sudah dilakukan dari tahun 2019 oleh tim peneliti dari FTI UKDW. Pengembangan web mapping  bekerja sama dengan kelompok petani di Desa Gilangharjo. Penelitian tersebut sudah didanai oleh Kementerian Riset dan Teknologi. Cakupan pengembangan yang dilakukan berupa sistem informasi pertanian terintegrasi. Hal ini dilakukan untuk mencapai hal berikut ini:

Pemetaan Lahan Pertanian Berbasis Android dan Website

Sistem informasi yang akan dikembangkan oleh tim peneliti terdiri atas dua jenis yaitu, sistem pemetaan pertanian berbasis web dan aplikasi android. Hal ini dilakukan untuk membangun sistem pemetaan lahan.

Sistem yang dibuat dapat menyimpan lokasi lahan pertanian dengan menggunakan google maps. Fitur yang dimiliki aplikasi andorid dengan sistem informasi pemetaan hampir sama. Namun, lebih condong pada pengambilan data titik koordinat otomatis dan portabilitas.

Selain itu, perangkat aplikasi android juga terintegrasi dengan drone. Hal ini akan membantu dalam memetakan lahan pertanian secara real time. Tidak hanya berhenti di situ saja, tim peneliti juga melakukan uji coba aplikasi dan web.

Pendataan Informasi Pertanian Lebih Lengkap dan Real Time

Penggunaan aplikasi dan web untuk membangun sistem informasi pertanian dapat memberikan data lebih akurat dan efektif. Hal ini akan membantu dalam memberdayakan lahan pertanian menjadi produktif. Hal ini tentu akan membantu dalam meningkatkan swasembada. Para petani menjadi lebih melek teknologi sehingga dapat mematau jumlah produktivitas tanaman pertanian.

Kegiatan yang digalakkan oleh tim peneliti UKDW juga mensosialisasikan peranan web mapping pemetaan lahan pertanian kepada para petani. Hal ini dilakukan agar petani dapat mengetahui pentingnya informasi lahan pertanian dan kondisi lahan dengan tanaman yang sesuai untuk lahan pertaniannya. Pengaplikasian teknologi di bidang pertanian dapat terwujud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here