Taman Pintar Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata edukasi yang ada di Yogyakarta. Setiap hari tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh ratusan bahkan ribuan orang.

Tak hanya orang Jogja saja, namun juga seluruh Indonesia, bahkan turis mancanegara juga banyak yang mengunjungi. Di tempat ini nantinya Anda dapat melihat keseruan dari anak – anak yang bermain dan belajar.

Belajar Sembari Rekreasi di Taman Pintar Yogyakarta

Sebenarnya salah satu tujuan awal dari Taman Pintar ini sendiri adalah sebagai sebuah sarana pembelajaran sains untuk para siswa yang mendukung kurikulum pendidikan.

Sehingga nantinya anak – anak yang mengunjungi tempat wisata ini diharapkan dapat memiliki motivasi untuk dapat mencintai sains. Karena nantinya akan menggunakan alat peraga serta wahana permainan.

Wahana yang Tersedia di Taman Ini!

Di Taman Pintar sendiri ada 5 gedung yang masing – masing memiliki wahana yang berbeda. Dan untuk kelima gedung tersebut adalah Gedung Memorabilia dimana gedung ini mempunyai 3 wahana seperti Sejarah Kasultanan Keraton, kemudian Tokoh Pendidikan dan juga Kepustakaan Presiden.

Kemudian yang kedua adalah Gedung Oval, dimana mempunyai 10 wahana seperti Aquarium Air Tawar, Dome Area, Terowongan Ilusi, Zona Kehidupan Prasejarah, Zona Cuaca Iklim dan Gempa, Zona Teknologi Komunikasi Zona Tata Surya, Zona Nuklir, Generator Pedal dan Generator Van De Graaf.

Lalu ada Gedung Kotak yang terdiri dari 16 zona seperti Zona Microsoft, Zona Dino Adventure dan Teater 4D, Zona Telekomunikasi, Zona Standar Nasional Indonesia, Zona Melek Gizi, Zona Sumber Daya Air, Zona Sains, Hand on Science, Zona Olahraga, Zona Indonesiaku, Zona Sahabat Pemberani, Zona Tepi TV, Zona Galeri Pusaka dan juga Perpustakaan.

Gedung Planetarium yang menjadi favorit anak – anak karena nantinya dapat melihat simulasi suasana langit di malam hari menggunakan proyektor digital.

Selain itu ada Gedung PAUD dimana dikhususkan untuk anak – anak yang berusia 2 sampai 7 tahun dan akan mempelajari sains serta teknologi namun dengan menggunakan konsep bermain.

Berbagai wahana tersebut memang akan menarik minat dari anak – anak, namun yang sangat disayangkan adalah fasilitas toiletnya. Dimana untuk kondisi dari toilet di Taman Pintar Yogyakarta ini bisa dibilang kurang bersih dan airnya juga tidak jernih. Sehingga sangat perlu untuk diperbaiki untuk penyediaan fasilitasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here