Sistem ternak ayam memang sangat penting untuk diperhatikan, karena sangat berperan untuk mengembangkan peternakan itu sendiri. Oleh karena itu, banyak para peternak ayam yang menggunakan beberapa jenis sistem agar dapat menghindarkan dari kerugian.

Salah satunya adalah kelompok peternak ayam petelur yang ada di Kabupaten Kulonprogo. Dimana saat ini sedang senang dengan penghasilannya yang meningkat drastis. Hal tersebut karena mereka menggunaan sistem atau metode biosecurity dalam beternak ayam. Dimana dengan sistemtersebut memungkinkan ternak ayam terhindar dari penyakit yang mematikan.

Manfaat Sistem Ternak Ayam Biosecurity

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari beternak ayam menggunakan system biosecurity tersebut. Adapun beerapa di antaranya adalah pada saat terjadi flu burung, ayam yang ada di kandang tidak akan terkena penyakit yang mematikan terseut.

Dimana ribuan ayam petelur akan tetap sehat. Sedangkan yang belum menggunakan system tersebut, ayamnya banyak yang mati. Kemudian produksi dari ayam juga semakin meningkat karena ayam terhindar dari penyakit flu burung tersebut.

Proses Sistem Biosecurity

Sistem ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, caranya adalah dengan memisahkan area kotor, kemudian semi bersih dan juga bersih pada area kandang ayam. Hal tersebut bertujuan untuk dapat melindungi ternak dari kontaminasi penyakit. Mengingat kebersihan kandang serta pakan menjadi kunci yang paling penting.

Menerapkan sistem biosecurity dalam beternak ayam tersebut di kalangan peternak ayam memang tidak mudah. Tetapi dengan secara pelan di dalam memberikan contoh serta pengertian, semakin lama banyak peternak yang mau untuk menerapkannya.

Bahkan dengan sistem tersebut, selain meminimalisir penularan penyakit juga akan membuat biaya operasional yang dikeluarkan untuk obat – obatan ataupun vaksin dapat berkurang. Sehingga akan jauh lebih efektif dan efisien.

Cara pembatasan yang termasuk dalam sistem biosecurity tersebut di antaranya orang luar tidak boleh masuk ke dalam area kandang. Jika dulunya orang luar dan termasuk pedagang ataupun tetangga bebas keluar masuk, saat ini dibatasi hanya sampai ke tempat yang sudah diperbolehkan.

Bahkan hanya pegawai saja yang bisa masuk dan menggunakan alas kaki yang sudah disemprot desinfektan. Jadi yang terpenting dalam sistem ternak ayam biosecurity ini adalah kebersihan. Oleh karena itu pastikan jika kebersihan dalam kandang ayam tersebut terjaga dengan baik sehingga akan menghasilkan ayam dengan kualitas dan kuantitas yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here