Perkembangan teknologi memberikan kemudahan di berbagai bidang, salah satunya kesehatan. Penggunaan inovasi teknologi berupa aplikasi kesehatan marak dikembangkan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Salah satu inovasi layanan rumah yang dapat Anda jumpai adalah aplikasi RS Dr. Sardjito. Pengaplikasian teknologi tersebut membuat kinerja rumah sakit menjadi lebih terstruktur.

Ragam Aplikasi RS.Dr. Sardjito Terapkan Fleksibilitas dan Kenyamanan Pasien

Meskipun memiliki layanan secara virtual, namun RS.Dr. Sardjito tetap melayani pasien secara konvensional. Hal ini dikarenakan tidak semua pasien dapat mengakses layanan aplikasi maupun registrasi online. Pelayanan daring dianggap lebih fleksibel dan kompetitif. Berikut beberapa terapan aplikasi kesehatan di Rumah Sakit Dr.Sardjito:

1. Aplikasi SIMRS

Salah satu layanan aplikasi yang dikembangkan oleh RSUP Dr.Sardjito adalah aplikasi SIMRS. Kepanjangan dari SIMRS ialah Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit.

Terdapat beragam aspek layanan yang diberikan meliputi, EMR(Electtronic Medical Record). Penggunaan EMR dapat membantu peningkatan kualitas pelayanan bagi para pasien. Selain itu, memberikan kemudahan pekerjaan dokter serta pegawai rumah sakit.

2. E-Prescribing

Teknologi ini dimanfaatkan sebagai pengganti resep secara elektronik. Tata caranya dengan menghubungkan input data yang dioperasikan oleh dokter. Data yang diberikan sesuai dengan hasil pemeriksaan kondisi pasien. Setelah itu, bagian farmasi akan melakukan verifikasi resep dan penyiapan obat. Hal ini dilakukan untuk menghindari antrian pasien.

3. Layanan Tekon

Pengembangan aplikasi ini mulai dikenalkan ketika masa pandemi COVID-19 berlangsung. Aplikasi Tekon atau Telemedisin Konsultasi. Penerapan aplikasi ini difungsikan agar pasien dapat berkonsultasi ke dokter. Tentunya, tanpa adanya kunjungan rumah sakit.

Penggunaannya dapat dimanfaatkan oleh petugas rumah sakit, pasien maupun tenaga medis yang lebih senior. Aplikasi ini sedang dilakukan uji coba untuk puskesmas. Selain itu. Layanannya juga terhubung dengan apotek terdekat.

4. Pendaftaran Online RSUP Sardjito

Para pasien yang ingin melakukan kunjungan kesehatan dapat registrasi di laman website RSUP Dr. Sardjito. Tetapi, pasien harus memiliki nomor rekam medis dari pihak rumah sakit.

Kemudahan penggunaan aplikasi rumah sakit Dr. Sardjito bagi pasien untuk menentukan jadwal kunjungan dokter. Pasien dapat melakukan booking atau pemesanan 30 hari sebelumnya hingga H-1. Penggunaan aplikasi tidak dapat digunakan apabila ingin melakukan kontrol maupun berobat di hari yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here