Sendratari Ramayana menjadi salah satu kesenian di Yogyakarta yang sering kali dipentaskan atau dipertunjukkan. Biasanya kesenian ini dipentaskan di Candi Prambanan. Dimana para pengunjung dapat menyaksikannya di hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Pementasannya sendiri akan dilakukan di dalam beberapa episode.

Pentas seni tersebut dilakukan dari tahun 1960 dan dilakukan pembagian di tahun 1961. Pementasannya sendiri dilakukan tanpa dialog dan diawali dengan lantunan lagu dari pesinden yang berisi tentang pemberitahuan jika sendratari tersebut akan diadakan di bulan purnama.

Episode Sendratari Ramayana

Akan ada beberapa episode dari sendratari ini, jadi Anda dapat menyaksikan pertunjukan ini sekaligus menamah wawasan tentang cerita Ramayana tersebut. Berikut episode – episodenya:

1. Hilangnya Keberadaan Dewi Sinta

Pementasannya sendiri diawali dengan Dewi Sinta yang menghilang. Dimana adegan melaporkan kondisi istana Alengka dan Rahwana murka serta memutuskan untuk menculik Dewi Sinta.

2. Hanuman Duta

Kemudian pada episode selanjutnya, menceritakan tentang hanuman yang menjadi pemimpin pasukan untuk dapat mencari Dewi Sinta. Dimana Hanuman berhasil menuju Alengka dan berperang melawan Indajit.

Indajit membawa hanuman ke Rahwana dan Rahwana mengalahkan hanuman. Sang Hanuman yang tidak berdaya tersebut diselamatkan Wibisana dan mengatakan jika tidak layak menyiksa hanuman yang tidak berdaya. Hal tersebut justru membuat Wibisana menjadi terusir dari Alengka.

Setelah itu hanuman akan dibakar Rahwana, namun hanuman mengambil sebagian api serta membakar tumpukan jerami dan berhasil kabur serta melapor kepada Rama.

3. Gugurnya Kumbakarna

Rama dan rombongan membangun jembatan ke Alengka, dan pasukan kera melawan pasukan indrajit dari Alengka. Setelah itu pertarungan Sugriwa dan Laksmana melawan Kumbakarna yang membuat Kumbakarna gugur.

4. Api Suci Dewi Sinta

Penolakan dari Dewi Sinta kepada Rahwana membuat sang raja menjadi seperti Rama dan membuatnya menjadi pingsan. Setelah itu peperangan Rahwana dan Rama tidak dapat dielakkan. Peperangan tersebut membuat Rahwana tewas dan membuat Wiisana menjadi Raja Alengka selanjutnya.

Namun kembalinya Sinta ini ditolak Rama karena dianggap tidak suci lagi karena sudah tersentuh oleh Rahwana.
Tetapi Sinta yang merasa masih suci masuk ke dalam api untuk membakar diri agar dapat membuktikannya. Namun Sinta turun dari gundukan api dengan selamat karena pertologan Dewa Api, Batara Brama.

Jadi itulah cerita dari beberapa episode sendratari Ramayana yang dapat Anda nikmati di Candi Prambanan. Sangat menarik untuk disaksikan bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here