Yogayakarta memang diidentikan sebagai miniatur pendidikan di Indonesia, meskipun tidak mencangkup secara keseluruhan. Namun, kota ini memiliki banyak sarana dan prasarana pendidikan yang mendukung generasi mudanya untuk terus berkembang dan inovatif. Kemungkinan besar hal tersebut hanya bisa dilihat di wilayah perkotaan saja. Gunung Kidul sebagai salah satu kecamatan di Yogyakarta yang memiliki keterbatasan fasilitas pendidikan dan tenaga pendidik.

Apa Saja dan Bagaimana Sarana Prasarana Pendidikan di Kota Yogyakarta?

Banyak fasilitas pendidikan yang bisa ditemui di wilayah perkotaan Yogyakarta. Meskipun demikian, pemerintah mengupayakan untuk mengoptimalkan sarana pendidikan di seluruh DIY. Salah satunya Kecamatan Gunung Kidul.

Kebanyakan tenaga pendidik lebih mengutamakan administrasi dibandingkan bertemu dengan anak didiknya. Selain itu, angka putus sekolah tinggi dan pemeringkatannya masih rendah. Namun, tidak salahnya mengulas beragam fasilitas pendidikan yang bisa ditemui di Kota Yogyakarta:

1. Toko Buku dan Pusat Koran serta Majalah

Siapa yang tidak mengena Gramedia Pustaka, Kompas, Jawa Pos, Tribun Jogja dan Republika? Kamu bisa menemukan banyak pusat penerbitan buku, koran maupun majalah di Kota Yogyakarta.

Selain itu, banyak sekali toko buku yang bisa kamu kunjungi diantaranya, Gramedia, Toko buku Social Agency, Menara Kudus, Taman Pintar Bookstore, Toga Mas dan lain sebagainya.

Kamu bisa menemukan banyak koleksi buku mulai dari harga termurah hingga mahal sekalipun. Selain itu, banyak ditemui buku import berkualitas maupun lokal.

Tidak jarang di akhir tahun maupun perayaaan tertentu toko buku seperti Gramedia mengadakan bazar buku murah maupun Buka Gudang Buku.

2. Perpustakaan

Bagi para pecinta buku kota Yogyakarta adalah surganya perpustakaan. Kamu bisa menemukan perpustakaan di perkotaan dan sangat mudah dijangkau dengan menggunakan Trans Jogja.

Selain itu, kebanyakan perpustakaan menerapkan jam malam hingga pukul 00.00. Beberapa perpustakaan tersebut meliputi, perpustakaan Grahatama Pustaka, Puskot dan Perpustakaan Kota Yogyakarta.

3. Coworking Space

Bagi para start up coworking space adalah tempat terbaik untuk bekerja secara fleksibel dan enjoy. Tidak hanya itu, tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat berkumpulnya para mahasiswa untuk mengerjakan tugas dan rapat.

Banyak coworking space yang bisa dikunjungi. Beberapa diantaranya seperti, Ruang Kerja, Beehive, Sinergi Co-Work and Network Space dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, kamu bisa menemukan fasilitas sarana prasarana pendidikan modern cafe belajar. Meskipun fasilitas non formal.

Namun, banyak mahasiswa maupun pelajar memanfaatkan cafe untuk mengerjakan tugas bersama. Beberapa cafe yang sering dijadikan kunjungan seperti, Blanco Coffee and Books, Luxury Internet Cafe dan lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here