Rumah adat Bangsal Kencono merupakan rumah adat asli Yogyakarta dan merupakan salah satu warisan budaya Nusantara. Jika dilihat dari segi tampilannya, rumah adat ini lebih terlihat seperti rumah Joglo, tetapi ukurannya memang lebih besar dan luas.

Arsitekturnya sendiri memperoleh beberapa pengaruh dari arsitektur beberapa Negara seperti Cina, Belanda dan Portugis.

Ciri Khas Rumah Adat Bangsal Kencono

Meskipun memperoleh pengaruh dari luar, tetap saja arsitektur dari rumah adat ini masih sangat dominan dengan kebudayaan Jawa. Bangsal Kencono ini juga difungsikan untuk rumah bagi para anggota Keraton, terutama untuk tempat tinggal raja.

Menurut sejarahnya, Bangsal Kencono ini diangun di tahun 1756 Masehi oleh Sultan Hamengku Buwono. Dan di masa tersebut, rumah adat ini digunakan untuk tempat diselenggarakannya suatu acara keagamaan serta kesultanan. Ada beberapa ciri khas dari rumah adat ini, apa saja? Inilah beberapa di antaranya:

1. Ukuran Rumah

Bangsal Kencono yang menjadi tempat kesultanan tentu saja memiliki ukuran yang begitu besar, bisa dibilang menyerupai sebuah padepokan. Kemudian selain memiliki ukuran yang luas, halaman dari rumah adat ini sendiri juga begitu luas, dimana ukurannya adalah sekitar 14.000 m2.

2. Struktur Bangunan

Pada bagian atapnya, Bangsal Kencono ini mempunyai atap yang berbentuk seperti rumah Joglo, dimana menggunakan atap tajug. Atap itu sendiri ditopang menggunakan empat tiang pada bagian tengah bangunan, yang disebut dengan Soko Guru. Untuk lantainya dibuat dari marmer atau granit.

3. Ornamen

Pada halaman Bangsal Kencono ini pada umumnya ada dua buah patung yang juga disebut dengan Gupolo. Patung itu sendiri adalah sebuah raksasa yang sedang memegang gada atau seperti benda tumpul untuk memukul.

Selain itu, juga mempunyai halaman yang sering kali dihias dengan menggunankan sarang burung. Rumah adat tersebut juga memiliki hiasan beberapa ukiran yang masih khas dengan budaya Jawa di beberapa sisi bangunan. Misalnya saja di bagian atapnya.

Jadi itulah beberapa ciri khas dari sebuah rumah adat Bangsal Kencono yang dapat Anda ketahui. Sebenarnya rumah adat ini memang begitu unik dan sangat kental akan kebudayaan dari Yogyakarta, sehingga tak heran jika rumah adat tersebut juga menjadi salah satu keunikan yang dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here