Salah seorang pelaku UMKM dari Yogyakarta, Triharsa Wibowo memberikan apresiasi serta menaruh sebuah ekspektasi yang cukup besar atas diselenggarakannya acara Forum Koordinasi Pengembangan Kerja Sama Perdagangan Provinsi Kalimantan Timur dan DIY dengan tujuan pulihkan ekonomi UMKM.

Dirinya mengatakan jika dengan adanya forum tersebut sebagai sebuah upaya untuk membuka peuang pengembangan pasar produk industri kecil dan menengah dapat membantu para pelaku UMKM.

“Terlebih lagi di tengah pandemi covid-19 ini, forum koordinasi sebagai upaya untuk dapat memulihkan kondisi ekonomi para pelaku UMKM terus bergerak lagi. Saya sangat mengapresiasi serta terdapat ekspektasi yang besar dengan acara ini,” ungkapnya.

Pulihkan Ekonomi UMKM Lebih Efektif Dengan Memanfaatkan Media

Seperti yang kita tahu jika acara tersebut menjadi sebuah forum untuk saling bertukar informasi mengenai produk yang dapat saling dibutuhkan untuk para pelaku UMKM di DIY dan Kaltim.

Contohnya saja di Kaltim ada banyak bahan baku melimpah yang belum dapat diolah. Sedangkan di Yogyakarta mempunyai teknologinya. Sehingga sangat diharapkan saling memberikan keuntungan yang positif.

Yanto Apriyanto SH selaku Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY mengatakan jika satu tujuan diadakannya forum tersebut tentu saja untuk memulihkan kembali kondisi ekonomi dari sektor UMKM. Karena pandemi covid-19 tersebut sudah melumpuhkan sebagian besar para pelaku UMKM yang ada di DIY.

“Dampak dari pandemi tersebut memang sangat besar, terdapat banyak UMKM yang mengalami keterpurukan di dalam proses produksi usahanya. Bahkan ada sebagian UMKM yang menghentikan produksinya.

Ada juga yang berupaya untuk bangkit dengan menjalankan usaha secara online atau banyak juga yang beralih dengan metode pengantaran langsung sendiri,” ungkap Yanto.

Oleh karena itu, Disperindag DIY sangat mengharapkan jika dengan melalui forum koordinasi tersebut dapat memuka peluang untuk kebangkitan dan juga pemulihan dari ekonomi di sektor UMKM.

“Ini sebagai sebuah pembuka, kami yakin jika akan dapat menjadi pintu untuk dapat memulihkan kondisi ekonomi UMKM selama masa pandemi. Sebab forum koordinasi ini nantinya akan terus dikembangkan,” terangnya.

Tak dapat dipungkiri memang jika dengan adanya forum ini, banyak pihak sangat mengharapkan agar nantinya dapat pulihkan ekonomi UMKM secara baik dan UMKM di DIY dapat bangkit kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here