DUNIA SENI HIBURAN LESU

Pandemi (covid19) yang terjadi di Indonesia sejak maret 2020 hingga saat ini memberikan dampak yang luar biasa dalam semua lini kehidupan sosial masyarakat khususnya dunia seni hiburan. 

Hal itu juga sangat berdampak pada salah satu jenis pekerjaan yang bergelut di bidang seni pertunjukan dan hiburan. Vendor, pemilik venue, hingga artis semuanya terdampak Pandemi ini.

Sejak bulan April Ketika Pandemi telah menyerang Hampir setengah negeri ini, semua perijinan keramaian mulai diperketat dan beberapa yang telah berjalan juga harus dibatalkan dengan segala konsekuensi yang tidak pernah diduga sebelumnya.

  • “Jika menurut pemetaan pasar hiburan dan rencana pada 2019, tahun 2020 ini memiliki musim yang baik karena musim summer, liburan, dan libur hari-hari besar yang bersamaan”.

Namun semua prediksi itu lagi-lagi harus pupus karena musibah yang tak pernah terduga dan melanda segala penjuru dunia ini.

EVOLUSI RUANG

Salah satu sifat manusia adalah adaptasi pada lingkungan & keadaan. Pola itu juga berlaku dalam dunia seni dan hiburan ini. Hampir selama 6 bulan semua masyarakat dibatasi secara ruang gerak dan terkurung didalam rumah.

Media-media baru muncul ditawarkan sebagai pengisi kebutuhan entertainment masyarakat. Salah satunya adalah konser streaming yang digagas oleh penggiat Event maupun artis. 

Gagasan itu mungkin belum cukup profitable bagi masing-masing pelaku bisnis baik promotor maupun artis itu sendiri. Namun pada akhirnya hiburan itu menjadi penting untuk mengisi kejenuhan selama program #dirumah saja diberlakukan oleh Pemerintah.

Menginjak era new normal pada bulan Agustus 2020, Pemerintah sibuk menggenjot program pemulihan ekonomi masyarakat maupun industry. Penerapan protokol Kesehatan menjadi benang merah dalam menyambut era normal baru ini.

Pola adaptasi yang digagas sejak awal tadi akhirnya mulai perlahan dijalani oleh pelaku industri hiburan dan pertunjukan karena sampai sejauh ini segala aktivitas berkumpul dan mengumpulkan orang dalam jumlah besar masih dilarang. /doit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here