Musang sering dianggap hama untuk sebagian besar masyarakat. Hewan mamalia tersebut saat ini banyak diburu oleh masyarakat, sehingga membuat populasinya menjadi berukurang. Tetapi di Kabupaten Magelang, terdapat peternakan musang pandan yang justru dibudidayakan dan menjadi wisata edukasi serta bernilai ekonomi yang cukup tinggi.

Seperti yang ada di peternakan musang milik Septiawan Prasetyo Nugroho, salah seorang warga Dusun Ngemplak, Ngrajek, Mungkid, Magelang. Pemuda yang masih berusia 28 tahun tersebut memelihara puluhan ekor musang pandan.

Hewan yang lucu dan bulunya yang beraneka warna tersebut ternyata diminati oleh banyak orang dari kalangan umum.

“Awalnya hanya hobi, kita jual beli, hobi sejak lama sekitar 10 tahun lalu. Kalau untuk reeding sendiri 8 tahun, mulai ternak. Dulu hanya hobi iseng ngawinin dan ternyata ada hasilnya. Dari hasil tersebut, terus bertambah banyak,” ujar pemuda yang sering disapa dengan Brewok Luwak.

Budidaya Peternakan Musang Pandan

Budidaya musang pandan tersebut dimulai dari tahun 2000an. Dari 3 ekor dengan satu pasang jantan betina, dirinya sekarang sudah mempunyai 30 ekor musang. Dari jumlahnya sendiri ada 21 ekor indukan dan sisanya masih berusia di bawah 5 tahun serta masih bayi yang berukuran kecil.

“Kalau hamil 2 bulan 10 hari, bisa misah pada usia 1 sampai 1,5 bulan. Kalau hamil lagi tergantung dari pakannya. Semakin tinggi kandungan proteinnya, semakin cepat. Contohnya seperti lele, kemudian daging dan yang lainnya. dimana kandungan proteinnya agak tinggi, dikasih ke musang menjadi cepat hamil dia,” ungkapnya.

Meskipun hanya sekedar musang, namun jangan dianggap remeh. Harganya dapat mencapai puluhan juta perekornya dengan kualitas yang bagus.

Peminatnya dari Segala Kalangan

Untuk peminatnya sendiri bisa dari masyarakat umum ataupun kalangan penghobi hewan musang tersebut. Mereka tidak memikirkan keluar uang berapa untuk dapat meminang hewan peliharaan tersebut.

Musang yang dibudidayakan bukan asal musang. Harga jualnya akan semakin tinggi jika sering mengikut kontes, mempunyai tubuh ideal serta mempunyai kriteria tertentu.

“Kalau di peternakan musang pandan ini tergantung, ada yang mulai Rp 8 juta hingga Rp 20 juta. Sebenarnya usia tidak mempengaruhi, namiun warnanya. Contohnya usia dua bulan tetapi warnanya bagus akan ditawar Rp 15 juta,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here