Tim dosen dari Fakultas Pertanian Untidar atau Universitas Tidar Magelang melakukan kegiatan pemilahan sampah serta teknik dari pembuatan pupuk organik cair dengan bahan sampah organik yang berada di Dusun Grojogan, Sidorejo, Bandongan, Magelang.

Acara tersebut dihadiri Bapak Sudarsono selaku Kepala Desa Sidorejo, kemudian Bapak Mehdi selaku Kepala Dusun Grojogan, ada juga Ibu Erning yang merupakan Ketua penggerak bank sampah serta ibu – ibu warga Dusun Grojogan, bahkan juga ada tim dosen Fakultas Pertanian.

Kegiatan satu ini nantinya akan sangat bermanfaat untuk masyarakat di dalam menyortir jenis sampah yang mana termasuk dalam sampah organic, B3 dan anorganik. Dari penyortiran tersebut bisa dimanfaatkan hasil akhirnya menjadi pupuk organic cair yang berasal dari sampah organik.

“Kegiatan satu ini sebagai sebuah bentuk pengabdian serta bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan selama Bulan September sampai Oktober,” ujar Putri Laeshita S.P., M.Sc. selaku Ketua Tim Dosen Untidar.

Cara Pengolahan Pembuatan Pupuk Organik Cair

Untuk sampah anorganik sendiri sering kali disebut dengan sampah kering, dimana tidak mudah membusuk dan sulit terurai alam, misalnya plastik. Jadi jika jumlahnya menumpuk pada tanah, tentu saja akan mencemari lingkungan.

Cara pengolahannya sendiri bisa dilakukan dengan menyetor ke bank sampah maupun industry daur ulang.

Sedangkan untuk sampah B3 yang terkandung bahan berbahaya ataupun beracun merupakan zat, energi atau komponen lain karena sifat, konsentrasi atau jumlahnya dapat mencemarkan lingkungan hidup.

Baik itu secara langsung atau tidak langsung. Selain itu nantinya juga akan dapat membahayakan lingkungan hidup, kesehatan dan juga kelangsungan hidup manusia serta makhluk hidup yang lainnya.

Bahkan dilakukan pula praktek secara langsung bagaimana cara pembuatan dari pupuk organic cair serta pengaplikasiannya di tanaman. Kegiatan tersebut juga sangat mendukung program bank sampah dari Desa Sidorejo, Bandongan Magelang, DIY.

Jadi dengan adanya program pembuatan pupuk organik cair tersebut tentu saja akan sangat membantu para petani agar dapat menghasilkan panen yang jauh lebih maksimal dan tentunya benar – benar menguntungkan. Sebab nantinya tanaman yang menggunakan pupuk organik cair tersebut akan membuat tananaman menjadi lebih sehat sampai dipanen nantnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here