Fakultas Peternakan UGM mencoba untuk mengembangkan rumput Gama Umami untuk pakan ternak. Dimana rumput tersebut merupakan hasil mutasi dari rumput gajah yang sudah diradiasi menggunakan sinar gamma dan cocok untuk ternak, selain itu juga memiliki potensi sebagai sumber biofuel.

Peneliti rumput Gama Umami, Nafiatul Umami mengatakan jika rumput gajah dipilih karena meriupakan salah satu jenis rumput yang unggul. Selain itu rumput tersebut juga disukai oleh ternak ruminansia yang sangat cocok dikembangkan di daerah Indonesia yang mana beriklim tropis.

“Hasil dari produksi rumput Gama Umami memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan rumput gajah lokal. Selain itu dapat dipanen sampai dengan 6 kali dalam satu tahun,” ungkap Nafiatul.

Pengaruh Radiasi Sinar Gamma Untuk Pakan Ternak

Dengan adanya mutasi menggunakan radiasi sinar gamma, menurutnya bisa mempengaruhi morfologi, fisiologi dan anatoni dari tanaman. Jadi nantinya menghasilkan tanaman yang jauh lebih unggul. Aplikasi radiasi sinar gamma sendiri digunakan pada organ vegetatif, kemudian bunga dan juga biji dari tanaman rumput gajah.

Rumput Gama Umami sendiri adalah rumput gajah pilihan yang sudah mengalami penyinaran radiasi gamma dengan penyinaran 100 Gra. Kemudian radiasi dari sinar gamma terebut tidak meninggalkan resido radioaktif di dalam material yang sudah diradiasi.

Penelitian tersebut dikembangkan bekerjasama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional melalui Pusat Aplikasi Isotop serta Radiasi. Hasil dari radiasi dapat mempengaruhi bulu pada tanaman tersebut lebih sedikit. Dimana sangat berpengaruh pada palatabilitas ataupun kemampuan dalam mengecap makanan di ternak ruminansia.

Proses Pengujian Pada Rumput

Dalam proses pengujiannya, tanaman rumput gajah Gama Umami ini pertumbuhan vegetatifnya begitu tinggi, yaitu sekitar 3,4 sampai 3,7 meter. Sedangkan untuk panjang tanamannya sendiri 3,7 sampai 3,8 meter. Panjang daunnya 1,1 sampai 1,3 meter, panjang ruas 12 sampai 15,3 cm, lalu diameter batang 2,2 cm dan juga jumlah tunasnya adalah 41 sampai 50.

“Rumput Gama Umami ini sangat baik dijadikan sebagai pakan untuk ternak ruminansia karena jika dilihat dari produksi yang tinggi kemudian juga kandungan kimia yang baik,” ujarnya.

Rumput ini sendiri sudah dikembangkan untuk pakan ternak di wilayah DIY dan Jawa Tengah. Banyak dari para peternak yang merasa puas dengan kualitas rumput ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here