Oleh-oleh khas Yogyakarta menjadi salah satu makanan yang wajib Anda beli untuk dijadikan sebagai buah tangan. Yogyakarta terkenal dengan berbagai macam destinasi wisata ya g favorit para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Maka tidaklah merah banyak orang yang mengunjungi. Di kota ini juga banyak terdapat berbagai macam jenis makanan dan barang unik yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Oleh Oleh Khas Yogyakarta Melengkapi Kunjungan Anda Ke Kota Yogyakarta

Yogyakarta masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan dalam negeri maupun wisatawan asing. Banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi karena kota Jogja berdekatan dengan banyak situs bersejarah dan situs kebudayaan. Wisatawan yang berlibur ke Jogja umumnya senang membeli oleh-oleh khas Jogja untuk dirinya sendiri maupun untuk diberikan kepada teman atau keluarga.

1. Bakpia

Bakpia merupakan makanan yang sangat terkenal di kota Yogyakarta. Rasanya hampir semua orang yang berkunjung ke Yogyakarta pasti membawa bakpia sebagai oleh-oleh. Jajanan memang menjadi ciri khas makanan tradisional kota Yogyakarta dan memiliki banyak sekali anekarasa. Akan sangat mudah sekali menemukan penjual bakpia misalnya saja di pasar Beringharjo atau yang terkenal ada bakpia tugu dan bakpia pathok.

2. Gudeg

Kota Gudeg menjadi nama lain dari kota Yogyakarta. Di kota ini terdapat nasi gudeg yang menjadi salah satu andalan dan incaran semua wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Ada beberapa lapak penjual gudeg yang bisa Anda temukan di kota ini terutama di daerah Wijilan. . Misalnya saja gudeg yang terkenal adalah gudeg yu Djum, Gudeg Mbak Windu, dan Gudeg Bromo.

3. Baju dan kain batik

Sebagai salah satu kota penghasil batik, tentu saja kain dan baju batik menjadi buruan para wisatawan yang berkunjung ke kota Yogyakarta. Tidak seperti batik pesisir yang cenderung memiliki warna cerah, batik khas Yogyakarta akan cenderung memiliki warna – warna yabg gelap. Ada dua jenis batik yang biasanya di jual yaitu batik tulis dan batik cap.

Kalau Anda ingin membeli berbagai macam batik, Anda bisa datang ke pasar Beringharjo. Di sana terdapat berbagai macam jenis baju dan kain batik yang memiliki harga Mura terjangkau dan banyak pilihan warnanya.

4. Blangkon

Jika Anda membeli kain batik pasti akan kurang lengkap rasanya jika belum membeli blangkon sebagai cinderamata khas tradisional kota Yogyakarta. Meskipun blangkon pada umumnya dipakai dengan menggunakan setelan beskap atau sojan, Anda bisa tampil bagus dengan memadukan pakaian modern dengan batik. Anda bisa mendapatkan blangkon di sepanjang jalan Malioboro.

Itulah tadi beberapa referensi oleh oleh khas Yogyakarta yang wajib Anda bawa pulang. Selamat berlibur dan berbelanja di Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here