NDX AKA merupakan salah satu grup duo yang berasal dari Yogyakarta yang mana beberapa tahun belakangan mulai dikenal di kancah musik nasional. Grup ini sendiri lebih mengusung genre musik dangdut, namun lagunya didominasi oleh Bahasa Jawa.

Ketenarannya sendiri sampai saat ini tidak luput dari kegigihan mereka di dalam meniti karir dari nol. Perjuangan mereka memang dari sekedar anak sekolah biasa yang hobi dalam menciptakan musik. Mereka tidak menyangka jika hasilnya dapat sebesar ini.

Untuk Anda yang mungkin masih asing dengan grup duo ini, berikut adalah cerita perjalanan karir mereka:

Pemilihan Nama NDX AKA Pada Grup Duo

Nama dari grup duo tersebut berasal dari inisial nama mereka berdua yaitu Nanda dan Fajar. Terbentuk sejak 11 September 2011, pada saat mereka masih sekolah. Pemilihan nama NDX tersebut pada dasarnya cukup unik. Menurut Nanda, NDX ini merupakan inisial namanya kerennya yang memiliki arti Nanda Extreme.

“ND sendiri merupakan inisial dari nama Nanda, sedangan untuk X adalah extreme. Dulunya sering vandal di tembok – tembok. Jadi kalau buat gambar selalu pakai inisial NDX. Karena dulunya sering buat lagu juga, jadi sempat bingung mau menggunakan nama apa. Dan pada akhirnya menggunakan nama NDX saja,” ungkap Nanda.

Sedangkan untuk nama AKA sendiri adalah singkatan dari sebutan Bahasa Inggris yang berarti As Known As atau bisa diibilang alias. Tak ada alasan khusus untuk Nanda dan Fajar dalam menggunakan AKA di belakang NDX, tujuan sebenarnya adalah agar nama band tidak terlalu pendek.

Mengumpulkan Biaya Produksi Dengan Kerja Serabutan

Nanda dan juga Fajar memang masih mempunyai ikatan saudara, mereka juga mempunyai perjalanan hidup yang terbilang hampir sama. Meskipun menjalani hidup yang sulit, tetapi mereka tetap menjalaninya berdua.

Hobi bermusik keduanya dimulai ketika Nanda dan Fajar bekerja sebagai tukang bangunan. Mereka mengumpulkan uang untuk dapat memproduksi dan rekaman lagu.

“Setelah itu kita alih profesi menjadi tukang parkir di Jembatan Lempuyangan, Jogja. Setiap tahun baru kita jualan terompet dan juga balon di bawah jembatan sekaligus jaga parkir. Dari hasil tersebut kita kumpulkan sedikit demi sedikit untuk rekaman lagu dari NDX AKA,” ujar Nanda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here