Dinas Koperasi dan UKM DIY menyambut sangat baik misi dari Kadin DIY di dalam meningkatkan kapasitas UMKM yang ada di DIY. Kerjasama yang dilakukan dengan Kadin DIY juga akan semakin ditingkatkan.

Srie Nurkyatsiwi selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY menjelaskan jika peningkatan kapasitas UMKM tersebut dapat dilihat dari berbagai sisi. Misalnya saja sumber daya manusia, produksi sampai dengan pemasaran.

Semua hal tersebut tentu saja harus bertransformasi agar nantinya bisa beradaptasi serta bertahan di dalam masa pandemi covid-19 seperti saat ini.

“Kami menindaklanjuti bersama dengan Kadin, misalnya saja pembinaan yang mana akan selalu ditingkatkan, kemudian juga siap untuk melakukan pemetaan bersaa. Karena dengan adanya pandemi seperti saat ini semua hal akan mengalami kontraksi, selain itu juga perlu segera dilakukan pemulihan ataupun recovery,” ungkapnya.

Meningkatkan Kapasitas UMKM DIY dengan Transformasi

Dirinya mencontohkan jika di dalam hal pemasaran, memang perlu adanya transformasi agar nantinya para pelaku UMKM lebih akrab dengan digital.

Bersama dengan kadin, pihaknya akan terus dan selalu meningkatkan beberapa pelatihan termasuk melakukan beberapa pameran secara virtual yang dapat menunjang transaksi jual beli.

Selain itu di dalam catatannya, para pelaku UMKM sangat perlu untuk didampingi tentang masalah pembiayaannya. Karena terkadang para pelaku UMKM merasa kesulitan di dalam mengakses perbankan.

“Perlu adanya pendampingan dan juga ersama dengan kadin akan terus melaukannya secara berkelanjutan untuk dapat membantu meningkatkan UMKM,” ungkapnya.

Pandemi Tetap Membatasi Pergerakan

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, Miyono mengatakan jika pandemi covid-19 ini tetap saja membatasi pergerakan meskipun untuk saat ini sudah mulai mebaik. Geliatnya sendiri sudah mulai dirasakan, terlebih UMKM di sektor pariwisata dan juga perdagangan.

“Jika pandemi semakin berkurang, tentu saja arus pergerakan orang terlebih dari luar Jogja akan mulai masuk, kemudian wisatawan uga mulai masuk, tentu saja ekonomi akan semakin membaik. Memang untuk saat ini pergerakan nya masih terbatas, ungkapnya.

Jadi untuk dapat membantu meningkatkan kapasitas UMKM, tentu saja ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Salah satunya dengan melakukan transformasi dari offline ke online, atau menggunakan sarana digital. Sehingga nantinya semakin maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here