Untuk mendorong kemajuan UMKM di Yogyakarta, Pemerintah Kabupaten Bantul menandatangani kesepakatan kerjasama ataupun MoU dengan PT Angkasa Pura I Bandara Yogyakarta International Airport yang bertempat di Kantor Administrasi Angkasa Pura I Bandara YIA.

Agus Pandu Purnama selaku PTS General Manager Bandara YIA PT Angkasa Piura I, mengatakan jika kerjasama dengan pihak Pemkab Bantul pada dasarnya sudah terjalin dari tahun 2019 lalu. Hal tersebut sebagai sebuah bentuk implementasi di dalam rangka mengembangkan beberapa sektor yang ada di wilayah Bantul.

“Perjanjian kerjasama tersebut sebagai sarana pengembangan dari otensi yang terdapat di Kabupaten Bantul. Mulai potensi pariwisata, kemudian publikasi media informasi dan meningkatkan pengembangan operasi serta UMKM untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkap Pandu.

Menjadi Peluang Besar Masyarakat Mendorong Kemajuan UMKM

Menurut Pandu, hal tersebut bisa diartikan sebagai sebuah peluang besar untuk setiap masyarakat yang terkait. Dikatakan jika PT Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara YIA nantinya akan selalu terbuka serta mendukung semua pengembangan pada sektor perekonomian yang ada di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Pandu juga berharap jika dengan adanya kerjasama ini nantinya bisa meningkatkan efektivitas pemberdayaan koperasi dan juga UMKM di Kabupaten Bantul. Selain itu juga mampu untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi di dalam mengembangkan media informasi pada sektor pariwisata ataupun yang lainnya.

Wujud Nyata dari Pemerintah Kabupaten Bantul

Sementara itu, Budi Wibowo selaku Pjs Bupati Bantul menuturkan jika kerjasama ini adalah sebuah entuk atau wujud nyata dari sinergitas yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul dengan BUMN, terlebih PT Angkasa Pura I.

Menurutnya, hal terseubt dapat dimaknai sebagai wujud dari tanggung jawab PT Angkasa Pura I untuk dapat hadir dalam memberikan peluang serta kesempatan untuk agen pembangunan wilayah di sekitarnya.

“Semoga nantinya dapat menjadi manfaat yang cukup besar untuk kedua belah pihak. Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul memberikan apresiasi untuk PT Angkasa Pura I dan juga Bandara YIA yang selalu bergerak melangkah serta menebar optimism pada keterbatasan karena pandemi covid-19,” ungkap Budi.

Dengan adanya hal tersebut, tentu saja sangat diharapkan dapat mendorong kemajuan UMKM masyarakat, sehingga nantinya kondisi perekonomian masyarakat akan semakin membaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here