Kesenian Langen Mandra Wanara merupakan salah satu opera Jawa yang memiliki kekerabatan yang cukup erat sampai dilestarikan hingga saat ini. Kesenian tersebut juga mempunyai nilai estetis dan kekhasan tersendiri. Oleh karena itu, sampai dengan saat ini sering kali diadakan pertunjukan opera yang dapat dinikmati semua masyarakat dan wisatawan.

Nilai Estetis dan Keunikan Langen Mandra Wanara

Sebenarnya ada banyak sekali nilai estetis dan keunikannya, sehingga menjadi daya tarik dari sebagian besar orang dan wisatawan. Dan berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Tipe Pertunjukan Drama Tari Opera Jawa

Keunikan dan kekhasan dari kesenian ini sendiri memang memiliki nilai estetika yang sangat tinggi. Hal tersebut ditunjukkan dari dialognya yang ada di dalam pertunjukan tersebut. Karena untuk dialognya sendiri berwujud tembang – tembang Jawa dan dinyanyikan secara merdu.

Penyatuan dalam tari, tembang dan teater di dalam pertunjukan tersebut dapat meningkatkan tingkat kesusahan untuk setiap pemainnya. Namun faktanya adalah kesenian ini tampil dengan sangat baik dan memuat decak kagum para penontonnya.

2. Dipertunjukkan Dengan Penari yang Jongkok

Tingkat kesusahan ini akan membuat para pemainnya semakin terkuras tenaganya untuk dapat menampilkan yang terbaik. Di dalam soal jengkeng atau jongkok ini tentunya memberikan ciri yang khas. Sedangkan untuk nilai estetikanya adalah keindahan dan keunikan, sehingga sering dijadikan sebagai bahan analisis yang sangat menarik.

3. Baju Tari yang Lengkap

Dalam artian meskipun dipertunjukkan dengan cara jengkeng atau jongkok, tetapi untuk baju yang dikenakan masih lengkap seperti baju tari yang dikerjakan secara berdiri. Sehingga hal ini akan memerikan keunikan tersendiri.

4. Memiliki Tokoh Protagonis dan Antagonis

Mungkin hal ini sudah biasa ada di dalam dunia seni peran, namun yang membedakan adalah, pada kesenian ini untuk tokoh protagonist dan antagonis nantinya akan dibedakan dari make up atau riasannya, gerak tari yang berlainan dan penampilannya. Sampai pada penampilannya ada ciri pada setiap karakter yang dimainkan setiap penari.

5. Memiliki Komunikasi Antara Penari dan Pemusik

Dalam sebuah pertunjukkan ini memang terdapat ciri khas seperti adanya komunikasi antara penari dan pemusik. Dimana adanya ikatan tersebut sampai menjadi satu tontonan yang begitu menarik disaksikan. Selain itu hal ini dapat membuat situasi dalam pertunjukkan tersebut menjadi lebih hidup dan menyatu.

Itulah beberapa kekhasan dan keunikan dari kesenian Langen Mandra Wanara yang dapat Anda ketahui sebagai tambahan wawasan. Sehingga nantinya Anda akan mendapatkan informasi dan pengalaman berbeda ketika menyaksikan pertunjukkan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here