Kue Yangko adalah salah satu kue olahan khas Yogyakarta. Jika di China dan Bandung ada Moci, nah di kota Yogyakarta ada Yangko. Memang sih bentukanya mirip dengan kue moci. Rasanya pun sebelas dua belas hampir sama juga.

Kenalan Dulu Sama Kue Yangko Yuk!

Yangko adalah sebuah makanan yang terbuat dari adonan tepung ketan sang dibalut dengan tepung gula dengan rasa yang manis dan juga khas disertai dengan rasa gurih. Yangki biasanya disajikan dengan bentuk kotak-kotak dan di dalamnya diisi dengan gan kacang yang semakin menambah rasa kenikmatannya.

Dalam perkembangannya, makanan ini sudah di modifikasi dengan berbagai macam variasi sehingga semakin akan menjadi menarik. Yangko banyak dijadikan sebagai oleh-oleh para wisatawan saat berkunjung ke kota Yogyakarta.

Yangko memiliki rasa yang sangat manis dan gurih. Perpaduan keduanya memberikan sensasi rasa yang enak bagi penikmatnya. Yangko merupakan makanan khas dari kota Gede. Konon dulu makanan satu ini dikenal sebagai makanan para raja Mataram. Selain itu, Pangeran Diponegoro dulu suka membawa Yangko sebagai bekal saat beliau bergerilya karena makanan satu ini sangat tahan lama dan tidak mudah basi.

Sejarah Kue Yangko

Nama Yangko berasal dari kata Kiyangko. Orang Jawa banyak melafalkan kata ini dengan Yangko. Meski tidak banyak seperti dahulu, penjual Yangko saat masih rumayan banyak ditemukan di Yogyakarta. Salah satu toko Yangko terkenal adalah Yangko Mbah Prapto.

Konon orang yang pertama kali mengenal Yangko ini adalah mbah Ireng. Beliau adalah kakek dari Suprapto. Meskipun Mbah Ireng sudah membuat Yangko sejak tahun 1921 tapi kue Yangko ini baru mulai dikenal luas masyarakat pada tahun 1939.

Berapa Harga Kue Super Lezat Ini?

Seiring perkembangan jaman, Yangko saat ini juga sudah banyak dijual di pasar atau berbagai toko oleh-oleh di Yogyakarta. Harganya cukup murah meriah Anatar 8 ribu – 10 ribu tua. Yangko ini biasanya sudah dikemas dalam kerdus dan diberi beraneka warna dan rasa. Dalam satu kardus ada sekitar 20-25 buah Yangko.

Di Yogyakarta memang banyak kuliner yang menarik, ya. Selain bakpia, yuk jangan lupa untuk beli kue Yangko sebagai buah tangan untuk orang tersayang di rumah. Pasti mereka suka karena rasanya yang legit dan sangat enak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here