Jenazah dalang kondang Ki Seno Nugroho sempat disemayamkan di rumah duka yang beralamatkan di Gayam, Argosari, Sedayu, kemudian jenazah dimakakan di Makam Kampung Semaki Gede, Umbulharjo, Yogyakarta.

Rombongan dan juga iring – iringan dari keluarga almarhum tiba di tempat pemakaman sekitar pukul 13.10 WIB. Bahkan sudah ada ratusan pelayat yang menunggu sekitar 30 menit sebelumnya. Mereka memenuhi makam tersebiut, baik itu di dalam ataupun di luar makam.

Untuk dapat menanggulangi dan mencegah penyebaran covid-19, prosesi pemakaman tersebut dilakukan. Bahkan pihak keluarga almarhum ada yang membawa tokoh pewayangan Wekudara yang juga ikut dikuburkan bersama dengan almarhum di liang lahat.

Ki Seno Nugroho Dikenal Sebagai Tokoh Dalang Kondang

Ki Seno memang sudah dikenal sebagai dalang kondang karena memiliki suara yang khas dan juga kepiawaiannya dalam memainkan tokoh Bagong. Sehingga dalang muda yang mampu mengenalkan wayang kepada kaum milenial, Ki Seno memperoleh apresiasi yang cukup tinggi.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya kaum muda dan juga tua yang hadir pada lokasi pemakaman.

Salah seorang warga Semaki, Indra Gunawan yang masih berusia 27 tahun mengaku jika dirinya sering kali menonton pagelaran wayang yang didalangi oleh Ki Seno Nugroho. Karena menurutnya karakter serta cara membawakan alur cerita lebih mudah untuk dipahami anak – anak muda seperti dirinya.

“Saya mendengar Ki Seno sudah wafat dari media sosial. Pada awalnya saya kira dikebumikan di rumahnya yang ada di wilayah Bantul. Namun info terbaru dimakamkan di dekat rumah saya sendiri, yaitu di Semaki. Menurut saya, pembawaan Ki Seno di dalam memainkan tokoh pewayangan sangat mudah dipahami serta sesuai kondisi kaum muda sekarang ini.

Saya biasa ikut menonton pagelaran wayang yang didalanginya baik itu secara streaming ataupun langsung,” ungkap Indra.

Prosesi pemakamannnya sendiri selesai sekitar pukul 14.30 WIB. Meskipun pihak keluarga langsung kembali ke rumah duka, namun warga silih berganti untuk mendoakan almarhum.

Karena kepiawaiannya dalam dunia perdalangan wayang, tentunya ada banyak orang yang simpatik dan juga merasa sangat kehilangan akan sosok dalang kondang seperti Ki Seno Nugroho. Jadi tak heran jika banyak orang yang ingin ikut menyaksikan prosesi pemakamannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here