Kesenian tari serimpi, merupakan sebuah tarian klasik khas dari Keraton Yogyakarta, dimana ditarikan oleh beberapa penari wanita yang anggun. Gerakannya sendiri pelan dan juga lembut, hal tersebut menunjukkan kelemahlembutan dan kesopanan dari budaya Keraton.

Tari serimpi ini juga sudah ada semenjak masa kejayaan dari kerajaan Mataram di pemerintahan Sultan Agung.

Pada awalnya, tarian ini adalah tarian yang memiliki sifat mistis, selain itu juga hanya ditampilkan di Keraton Yogyakarta, untuk beberapa acara kenegaraan serta peringatan kenaikan dari tahta Sultan. Penari dari tari serimpi juga merupakan penari yang hanya dipilih oleh keluarga kerajaan.

Jenis Kesenian Tari Serimpi

Tari serimpi sendiri dari masas ke masa sudah mengalami beberapa perkembangan, misalnya saja dari segi durasi dan juga pakaian yang dikenakan. Selain itu juga ada beberapa jenis dari tari serimpi itu sendiri. Apa saja? Inilah beberapa di antaranya:

1. Tari Serimpi Sangupati

Jenis dari tari serimpi ini diciptakan sendiri oleh Pakubuwono IX. Namun tarian ini sendiri merupakan karya Pakubuwono IV. Kata dari sangupati itu sendiri asalnya dari “Sang Pati” atau calon pengganti raja. Sehingga tarian ini mencerminkan mengenai mengendalikan hawa nafsu.

2. Tari Serimpi Anglirmendhung

Jenis tari serimpi ini adalah tarian ang mana digubah oleh K.G.P.A.A Mangkunegara I. Pada awalna terdiri dari 7 orang penari, kemudian menjadi 4 orang penari.

3. Tari Serimpi Ludira Madu

Tari serimpi ini adalah tarian yang diciptakan Pakubuwomo V. Dimana tarian ini untuk dapat mengenang ibundanya yang sudah meninggal. Untuk jumlah dari penari tari serimpi ludira madu sendiri adalah 4 orang penari putri.

4. Tari Serimpi Ranggawati

Jenis tari serimpi ini diciptakan langsung oleh Sultan Hamengkubuwono V. Dimana untuk jumlah dari penarinya sendiri adalah 5 orang penari. Tarian serimpi ini juga mengisahkan petikan dari cerita “Angling Darmo” yang ditambahkan dengan property seatang pohon dan juga seekor burung mliwis putih.

5. Tari Serimpi Padhelori

Tari serimpi ini diciptakan Sultan Hamengkubuwono VI dan VII. Dimana properti yang digunakan dalam kesenian ini adalah pistol dan cundrik. Untuk tema ceritanya senidri adalah “Menak” atau perang tanding di antara Dewi Sirtu Pelaeli dengan Dewi Sudaraweti.

Jadi itulah beberapa jenis dari tarian serimpi yang dapat Anda ketahui, sebenarnya kesenian tari serimpi masih banyak jenisnya, sehingga Anda nantinya dapat menambah pengetahuan Anda tentang tari serimpi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here