Kesenian di Yogyakarta memang sangat menarik untuk dibahas, mengingat Yogyakarta memiliki banyak sekali alat musik khas yang menjadi daya tarik dan keunikan dari Yogyakarta itu sendiri.

Dimana kesenian tersebut bisa menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta. Bahkan banyak juga pertunjukan yang diselenggarakan untuk melestarikan kesenian tersebut.

Macam Alat Musik Kesenian di Yogyakarta

1. Gamelan

Alat musik ini berasal dari kata gamel, dimana memiliki arti menabuh atau memukul. Kemudian diikuti dengan akhiran an yang mana menunjukkan kata benda. Sebenarnya gamelan ini dapat dijumpai di beberapa daerah seperti Jawa, Madura, Bali, Lombok dan yang lainnya.

Namun memang ada beberapa hal yang membedakan, yaitu lebih ke notasi atau permainan gamelan itu sendiri.

2. Demung

Demung ini sendiri termasuk kategori balungan, yang merupakan sebuah instrument gamelan, yaitu bagian dari aliran seni musik. Dalam satu set gamelan terdapat 2 demung versi pleog dan juga slendro. Demung ini mempunyai ukuran lebih besar dan di dalam keluarga balungan sendiri, demung mempunyai nada dengan oktaf yang terendah.

3. Gendang

Selain di Yogyakarta, gendang juga digunakan di beberapa daerah, seperti Jawa Barat dan yang lainnya. Fungsinya sendiri adalah untuk mengatur irama. Untuk cara memainkannya sendiri adalah dengan ditabuh menggunakan tangan tanpa perlu alat bantu. Selain itu gendang juga tersedia dalam banyak ukuran dan jenis.

4. Gong Kecil atau Kempung

Kempung tersebut biasanya diletakkan secara tergantung dan menjadi satu dengan perangkat gong. Selain itu jua menjadi satu perangkat gamelan yang mana termasuk dalam instrument yang ditabuh dan cukup keras.

5. Gong Sebul

Alat musik ini terbuat dari bambu dan bentuknya memang tidak seperti gong pada umumnya, karena memiliki bentuk panjang. Untuk nada yang mana dihaslkan memang tergantung dari ukuran bambu alat musik tersebut. Cara bermainnya sendiri juga tidak dipukul, namun ditiup.

6. Gejog Lesung

Anda tentu saja berpikiran lesung yang digunakan untuk menumbuk padi. Alat musik tersebut dimainkan beberapa orang dan menggunakan penumbuk padi tersebut serta alu. Alat musik tersebut dimainkan para orang tua dulu yang berkaitan dengan ketoprak lesung. Untuk asal dari alat musik ini sebenarnya adalah dari Desa Banaran, Playen, Gunung Kidul.

Jadi itulah beberapa alat musik tradisional yang menjadi salah satu kesenian di Yogyakarta yang juga menjadi daya tarik, sehingga banyak wisatawan yang datang ke Jogja untuk menyaksikan pertunjukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here