Jenang Krasikan Legit adalah sebuah makanan tradisional khas kita Yogyakarta yang mempunyai citarasa yang manis dan juga legit. Jenis makanan satu ini biasanya banyak dijadikan sebagai oleh-oleh. Sebenarnya tidak hanya di Jogja saja, tapi Anda juga bisa menemukan jenang Krasikan di Solo.

Mengenal Tentang Jenang Krasikan Legit

Nama jenang satu ini berasal dari bahasa Jawa yang terdiri dari dua suku kata yaitu Jenang : bubur dan Krasikan : dodol. Jika digabungkan makanan ini mempunyai arti bubur dodol. Sesuai dengan namanya jenang Krasikan mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan dodol tapi mempunyai tekstur yang sedikit kenyal dan kasar. Kalau di makan rasanya kasar-kasar manis gitu deh.

Jenang Krasikan terbuat dari bahan beras ketan yang disangrai hingga berubah warna. Setelah itu, beras tersebut dicampur dengan campuran gula Jawa dan santan. Di aduklah hingga benar – benar mengental dan juga tercampur rata. Setelah itu, adonan jenang Krasikan Legit siap deh di tuangkan pada wadah-wadah dan di cetak.

Dimana Beli Jenang Krasikan?

Jika Anda ingin membeli jenang Krasikan ketika ke Yogyakarta, Anda bisa menemukan banyak jenang Krasikan di pasar-pasar tradisional atau di toko oleh – oleh juga ada. Kalau di kota Yogyakarta sendiri bisa ditemukan di daerah pasar Beringharjo atau pasar Kranggan. Makanan satu ini siap buat dijadikan sebagai oleh-oleh untuk di rumah.

Berapa Harganya?

Selain rasanya yang enak, makanan jenang Krasikan juga mempunyai harga yang murah loh. Biasanya jenang ini dikemas dalam bentuk bungkusan plastik atau ada juga yang dalam bentuk kiloan. Dalam satu bungkus jenang Krasikan biasanya dijual mulai dari 10 ribu-15 ribu rupiah saja. Murah sekali bukan?

Jenang Krasikan legit mempunyai rasa yang cukup enak. Namum sayangnya, pada saat ini keberadaan sudah mulai tergeser oleh makanan Jogja lainnya yang lebih populer saat ini. Tapi, bagi Anda yang menyukai makanan klasik, wajib nih hukumnya buat mencicipi makanan satu ini.

Jadi, kalau Anda ke kota Yogyakarta dan Solo, jangan lupa ya buat membeli dan membawa Krasikan sebagai oleh – oleh untuk keluarga di rumah. Pastinya semua akan menyukainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here