Jenang dodol ketan menjadi sebuah olahan wajib dibawa sebagai oleh-oleh pada saat Anda ke kota Yogyakarta. Olahan ini bisa bertahan lama hingga berhari-hari. Selain itu, rasanya juga sangat enak dan ulet gimana gitu.

Jenang Dodol Ketan Yogyakarta Memang Tiada Duanya

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Jenang Dodol bukan? Saya kira pasti setiap kota mempunyai olahan jenang dodol misalnya saja Jenang Dodol Kudus, Jenang Dodol Garut dan sebagainya. Kota Yogyakarta juga punya olahan jenang dodol loh. Namanya jenang dodol ketan.

Jenang dodol adalah sebuah olahan yang terbuat dari bahan tepung ketan putih yang diolah dengan santan dan gula hingga memadat. Pada saat proses pemasakan dodol, harus diaduk secara terus menerus hingga benar- benar memadat dan tidak ada gumpalan. Proses memasaknya cukup lama loh yaitu butuh waktu 1-2 jam untuk porsi dodol kecil.

Tidak cukup di situ saja, dodol sudah matang harus di diamkan selama beberapa menit pada loyang yang sudah disiapkan. Nah, setelah itu barulah dodol dikemas. Biasanya dodol dikemas dalam bentuk irisan kecil yang di bungkus dengan plastik. Tapi ada juga yang mengemas dodol dalam ukuran besar.

Perbedaan jenang dodol dari Yogyakarta dengan jenang dodol lainnya adalah terletak pada rasanya. Jenang dodol Jogja mempunyai rasa yang legit dan cenderung ulet. Lebih enaknya lagi karena ada taburan wijen yang ada pada jenang dodol Jogja ini.

Ada dua jenis jenang dodol ketan yang biasanya dijual yaitu Jenang Dodol basah dan kering. Jenang dodol basah biasanya terlihat dari bentukan luarnya yang cenderung kenyal. Sedangkan untuk jenang dodol kering terlihat bentukan kulit luarnya dibuat kering tapi dalamnya tetap empuk kok. Keduanya menjadi favorit bagi wisatawan.

Kalau Anda ingin menikmati Jenang Dodol tidak usah bingung buat mencarinya. Di Yogyakarta sendiri sudah banyak penjualan jenang dodol di pusat oleh-oleh atau di pasar-pasar. Ada jenang dodol yang sudah dalam bentuk kemasan tapi ada juga jenang dodol yang belinya per kilo. Harganya juga murah kok dibandrol mulai dari 10 ribu /kilo atau 15 rb untuk jenang dodol yang sudah ada dalam kemasan.

Bagaimana? Rekomended banget kan jenang dodol ketan buat dijadikan sebagai oleh-oleh. Yuk, bawa jenang dodol untuk oleh- oleh orang di rumah ketika Anda berkunjung ke kota Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here