Di saat pandemi seperti saat ini, tak dapat dipungkiri jika hasil panen tidak maksimal, sehingga membuat petani merasa kurang maksimal. Hal tersebut dapat terjadi karena berkurangnya pendapatan dari masyarakat atau adanya kebijakan PSBB. Kondisi itu sangat berdampak pada pendapatan para petani. Sehingga dirasa cukup merugikan masyarakat.

Pendapatan para petani menjadi turun drastis karena adanya keterbatasan dalam berbagai aspek. Sehingga nantinya akan membuat para petani harus memutar otak bagaimana solusi untuk mengatasi hal ini.

“Pandemi saat ini memang sedikit anyak membuat petani menjadi rugi, baik itu untuk tanaman perkebunan ataupun hortikultura. Hal tersebut bisa terjadi karena tidak seibangnya antara penawaran serta permintaan. Apalagi dengan adanya PSBB yang menghambat distribusi hasil pertanian ke beberapa daerah.

Untuk salah satu solusi agar dapat mengatasi kondisi tersebut tentu saja dengan memberikan bantuan modal ataupun kredit dengan bunga rendah tanpa agunan untuk para petani,” ungkap Supriyati MP selaku pengamat pertanian dari Akademi Pertanian Yogyakarta.

Solusi Menekan Kerugian Karena Hasil Panen Tidak Maksimal

Supriyati mengungkapkan jika dapat menekan kerugian dapat dilakukan dengan memperhatikan kecermatan di dalam memilih jenis tanaman, kemudian juga dengan memperhatikan pemasaran bersama secara berkelompok. Jadi daya tawar dari petani juga tinggi serta bisa memotong rantai pemasaran yang cukup panjang.

Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, perlu adanya pendampingan petani hortikultura dengan cara mengolah hasil pertanian. Contohnya saja cabai basah yang diolah menjadi cabai kering agar tidak cepat busuk.

“Di dalam kondisi seperti saat ini, dari sisi teknis perlu adanya penanaman polikultur atau menanam lebih dari satu jenis tanaman. Jadi jika satunya rugi, nantinya masih dapat memanen hasil yang lainnya. Tidak melakukan tanam serentak karena masa pancaroba tersebut adalah April sampai Mei sangat bagus untuk menanam hortikultura.

Jadi nantinya hampir dari semua petani menanam hortikultura akan memberikan efek keleihan produksi,” ungkapnya.

Hasil panen tidak maksimal memang disebabkan oleh banyak hal, sehingga sangat dibutuhkan berbagai solusi agar para petani juga tidak mengalami kerugian yang besar. Jadi dengan beberapa hal tersebut, sangat diharapkan agar para petani dapat memaksimalkan hasil panen nantinya dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here