Gudeg Yogyakarta Legendaris menjadi salah satu makanan yang sangat wajib buat di coba ketika Anda berada di kota Yogyakarta. Makanan satu ini merupakan salah satu makanan yang menjadi icon kota Yogyakarta selain Bakpia. Tidak hanya wisatawan lokal saja, banyak juga wisatawan mancanegara yang suka dengan olahan masakan satu ini.

Menikmati Gudeg Yogyakarta Legendaris

Gudeg adalah masakan yang berbahan dasar nangka muda atau orang Jogja menyebutnya dengan sebutan Gori. Nangka muda tersebut diolah dengan santan, gula Jawa, dan bumbu gudeg hingga meresap dengan ditandai perubahan warna menjadi coklat. Jika di masak dengan benar, gudeg bisa tahab hingga berhari-hari.

Tidak hanya olahan nangka muda saja, Gudeg juga akan disajikan dengan lauk lainnya misalanya saja ayam, telur tahu, tempe, jeroan dan sebagainya. Semua lauk tersebut sudah diolah menjadi bacem sehingga akan terasa sangat enak dan gurih.

Setelah itu, gudeg akan disiram dengan Areh. Areh merupakan cairan kental yang terbuat dari campuran telur dan santan. Paling enak gudeg di makan pada pagu atau malam hari dengan nasi putih hangat.

Dimana Tempat Beli Gudeg Legen di Jogja?

Kalau Anda ingin membeli gudeg, maka Anda bisa membelinya di daerah Wijilan tepatnya di sebelah timurnya Alun-Alun Utara Yogyakarta. Di sana Anda bisa menemukan berbagai macam penjualan gudeg. Harganya juga sangat mudah dibandrol Anatar 10 ribu – 20 ribu tergantung.

Memang sih ada banyak sekali warung gudeg yang bisa Anda temui di kota Yogyakarta. Namun ada beberapa referensi tempat gudeg yang terkenal enak dan sudah legendaris, yaitu :

1. Gudeg Yu Djum

Kalau Anda ke Yogyakarta pasti akan banyak menemui plakat Gudeg Yu Djum. Memang sih Gudeg Yu Djum sangat terkenal di Yogyakarta. Gudegnya terkenal sangat legit dan enak. Kalau Anda ingin gudeg Yu Djum, Anda bisa langsung saja datang ke pusatnya di daerah Pogung dekat kawasan UGM atau cabangnya berada di daerah jalan Wijilan.

2. Gudeg Bromo

Gudeg Bromo merupakan warung makan gudeg yang selalu buka pada malam hari yaitu antara jam 10 malam sampai dengan dini hari. Gudeg ini terkenal dengan rasanya yang pedes. Jika Anda ingin menikmatinya Anda bisa datang di daerah Gejayan dan Gudeg ini buka di emperan toko. Tapi kalau datang sebaiknya agak awal ya karena antrian biasanya sangat banyak.

3. Gudeg Mbah Windu

Gudeg mbah Windu adalah Gudeg yang viral di Yogyakarta. Gudeg ini terkenal karena penjualan sudah berusia sekitar 98 an tahun. Dari dulu penjualnya tidak pernah ganti dan citarasa gudegnya juga tidak berubah sama sekali. Gudeg Mbah Windu berada di Sosrowijayan tepatnya dekat jalan Malioboro.

Bagaimana? Terarik bukan buat icip-icip gudeg ketika di kota Yogyakarta? Kalau ke Yogyakarta wajib buat makan gudeg ya karena belum sah rasanya kalau ke Yogyakarta belum makan gudeg Yogyakarta legendaris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here