Bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional atau HARBOLNAS pada tanggal 11 November 2020, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Koperasi dan UKM Sleman sempat meluncurkan kegiatan dengan tajuk Gebyar 2000 UMKM Sleman.
Program tersebut diadakan dengan tujuan meningkatkan jumlah transaksi produk UMKM Sleman yang mana sempat mengalami penurunan ketika pandemi covid-19.

Bahkan Sri Purnomo selaku Bupati Sleman mengatakan jika program tersebut adalah sebuah terobosan dari Pemkab Sleman, khususnya Dinas Koperasi dan UKM Sleman untuk memasarkan beberapa produk UMKM di Sleman.

Menurutnya hal tersebut menjadi satu inovasi dengan mempertimbangkan perubahan perilaku dari pembeli pada saat pandemi seperti saat ini. Mengingat di saat pandemi melanda Indonesia atau bahkan dunia, banyak pelaku UMKM yang penghasilannya menurun drastis bahkan gulung tikar.

“Apa artinya produk bagus jika marketingnya tidak bisa jalan. Oleh karena itu kita bantu marketingnya,” ungkap Sri Purnomo.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Pustopo menjelaskan jika jumlah UMKM yang ada di Kabupaten Sleman sekarang ini ada sekitar 68.382, yang mana 98 persen merupakan usaha mikro dengan modal di bawah Rp 50 juta.

Gebyar 2000 UMKM Sleman Bekerjasama dengan Gojek

Mengenai program tersebut, dapat terselenggara karena kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Sleman dan juga Gojek. Gojek juga turut andil untuk membantu mempromosikan UMKM, terutama di bidang kuliner. Sehingga masyarakat yang ingin membeli akan lebih mudah dan tidak perlu repot keluar rumah.

Sasarannya sendiri adalah UMKM Sleman yang telah terdaftar di Gofood dengan kriteria seperti tingkat jumlah transaksi menengah ke bawah, terlebih lagi yang ada di kawasan Sleman Timur, Utara dan juga Barat. Selain itu juga ada UMKM Sleman dengan binaan Dinas Koperasi dan UKM yang belun terdaftar di dalam Gofood.

“Gebyar 2000 UMKM di Sleman ini akan dilakukan selama 20 hari sampai tanggal 6 Desember 2020. Selain itu juga akan terdapat subsidi ataupun diskon dari harga produk UMKM Sleman sebesar Rp 10 ribu di setiap transaksinya,” ungkapnya.

Dengan adanya program Gebyar 2000 UMKM Sleman ini tentu saja akan sangat membantu para pelaku UMKM di Sleman untuk kembali bangkit dan juga mengembangkan usahanya agar kembali diminati masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here