Garang Asem Blimbing Wuluh merupakan salah satu sajian masakan yang sering kita jumpai di kota Yogyakarta. Masakan satu ini mempunyai citarasa yang sangat khas. Masakan ini menjadi salah satu menu andalan yang harus Anda cicipi ketika berada di kota Gudeg.

Menikmati Sebungkus Garang Asem Blimbing Wuluh Yogyakarta

Garang Asem adalah sebuah masakan yang disajikan dengan cara dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Pembungkusnya inilah yang akan membuat sayur Garang Asem akan semakin segar dan juga aromatik. Garang Asem ini sebenarnya adalah makanan khas tradisional Jogja Solo. Namun ada beberapa perbedaan diantara keduanya.

Garang asem dari kota Yogyakarta cenderung mempunyai kuah yang lebih pekat dan kental dibandingkan dengan sayur Garang asem dari kota Solo. Selain itu, Garang Asem Yogyakarta juga mempunyai kuah yang cenderung berwarna kuning karena campuran kunyit di dalamnya. Meskipun berbeda, keduanya mempunyai rasa yang sama-sama enak dan siap menggoyang lidah Anda.

Garang asem terbuat dari bahan dasar ayam kota maupun ayam kampung. Ayam diolah dengan menggunakan bumbu irisan bawang merah, bawang putih, cabai , irisan tomat dan Blimbing wuluh. Disebut dengan garang asem karena rasa asam yang diciptakan oleh blimbing wuluh dan tomat ini menciptakan rasa asam nan segar dari segi kuahnya.

Ayam yang digunakan dalam membuat hidangan ini sebaiknya adalah ayam kampung. Kuah kaldu ayam ini akan menciptakan rasa harum dan sedap saat di kukus. Terkadang juga ada jenis garang asem yang dipadukan dengan menggunakan kocokan terly sehingga kuahnya tidak lagi bening. Jenis Garang Asem ini sering dijumpai di kota Solo.

Kalau di Yogyakarta, selain menggunakan bahan dasar ayam garang asem di sini juga menggunakan bahan dasar daging sapi cincang yang sudah dibentuk menjadi bola-bola kecil. Sajian ini selain dinamai Garang Asem juga disebut Bucok Bunen. Rasanya juga tidak kalah enaknya loh dengan Garang Asem yang terbuat dari bahan dasar Ayam.

Garang Asem Blimbing Wuluh khas Yogyakarta nyatanya saat ini menjadi makanan yang legendaris di kota Yogyakarta. Namum sayangnya masakan ini jarang dijumpai pada setiap rumah makan. Hanya rumah makan tertentu yang menyajikan masakan ini. Tapi, meskipun begitu Anda bisa membuatnya sendiri kok di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here