Filosofi Wejangan Orang Yogyakarta sangat identik dengan yang namanya tata krama yang sangat lemah lembut dan juga mempunyai karakter yang kuat.

Filosofi ini mengandung makna yang sangat dalam yang bisa dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan. Setiap daerah memiliki filosofi sendiri dimana salah satunya adalah kota Yogyakarta.

Filosofi Wejangan Orang Yogjakarta yang Penuh dengan Makna

Yogjakarta memang dikenal sebagai sebuah kota yang penuh dengan budaya adat istiadat yang sangat kental. Selain itu, kota ini juga terkenal beberapa filosofi wejangan yang bagus Untuk kehidupan. Berikut ini adalah filosofi Wejangan orang Yogjakarta, yaitu :

1. Ngelmu Laku, Jangkahh Lan Kodrat Wiradat

Wejangan di atas mempunyai arti jika ilmu dapat diperoleh dengan cara menjalankan hidup, cita-cita dan langkah. Sedangkan kodrat Wiradat artinya takdir yang memiliki sifat mutlak. Jadi inti dari wejangan itu adalah kita semua masih punya wewenang di dalam menentukan nasib kita selama masih dalam batas – batas tertentu.

2. Nglunghi klasa gumelar, mikul dhuwur, mendem njero

Kata orang tua pada zaman itu, filosofi dari wejangan ini sangat bagus untuk kehidupan. Nglunghi klasa gumelar berarti adalah mendapatkan sesuatu tanpa usaha keras. Hal tersebut juga sejajar dengan istilah mikul dhuwur, mendem ngeri yang bersatu jika Anda mendapatkan jabatan atau kekayaan maka perlu untuk menjaganya serta menjaga nama baik orang tua.

3. Kaya mini lan mintuna

Filosofi ini sangat erat sekali kaitannya dengan sebuah pernikahan. Jadi, makna dari ini adalah sebagai pasangan hidup yang sah secara agama dan hukum akan menjalani sebuah kehidupan yang selalu penuh dengan kebersamaan . Intinya harus selalu setia.

Saat menjalani kehidupan berumah tangga pasti sering dihadaplan dengan ujian dan giadaa. Tapi kita harus setia dengan pasangan hidup. Saling menguatkan dan mendukung satu sama lain .

Tiga filosofi wejangan orang yogyakarta tersebut sungguh sangat bermakna bagi kehidupan kita. Hal itu mengingakan kita untuk selalu memelihara dan mempunyai sikap yang baik dalam kehidupan. Sehingga kita bisa menjadi seorang pribadi yang lebih baik, peduli sesama, dan selalu menanamkan rasa empati untuk sekitar kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here