Festival tahunan di Jogja tidak kalah menarik dari berbagai wisata yang ada di Jogja, keberadaan festival tersebut menambah daya tarik dari kota Jogja. Sehingga tak heran jika semakin banyak wisatawan domestik atau mancanegara mengunjungi Jogja. Dengan melihat beberapa festival tersebut tentu saja akan melengkapi liburan Anda di Jogja nantinya.

Daftar Festival Tahunan di Jogja

Sebenarnya ada banyak sekali festival yang diselenggarakan setiap tahunnya, oleh karena itu berikut ini adalah daftar festival yang ada di Jogja yang dapat Anda masukkan ke dalam daftar liburan:

1. Sekaten di Alun – Alun Utara

Sebuah pesta rakyat yang mana digelar oleh Keraton Kesultanan Yogyakarta tersebut merupakan sebuah tradisi untuk dapat memperingati kelahiran dari Nabi Muhammad SAW. Nantinya akan terdapat arak – arakan prajurit serta abdi dalem Keraton sembari membawa gunungan dari hasil panen.

Selain dapat melihat arak – arakan serta memperebutkan isi dari gunungan tersebut, nantinya Anda dapat mengunjungi Pasar Malam Sekaten yang terdapat berbagai wahana, hiburan dan yang lainnya. Anda dapat berwisata kuliner dan juga berburu berbagai barang dengan harga yang murah.

2. Festival Kirab Manten Tebu

Sebuah tradisi Cembengan yang merupakan ritual yang dilakukan setiap tahunnya dengan tujuan meminta keselamatan serta hasil gula yang baik. Ritual tersebut diadakan menjelang musim giling tiba di setiap tahunnya. Untuk lokasinya sendiri ada di sekitaran kompleks pabrik gula Madukismo, Bantul.

Di dalam ritual yang dilakukan secara tutun – temurun tersebut, tebu pilihan nantinya akan dinikahkan seperti pengantin Jawa sungguhan. Jadi memang sangat unik dan menarik bukan?

3. Festival Kesenian Yogyakarta

Biasanya diselenggarakan di bulan Juli sampai September, dimana Dinas Kebudayaan Provinsi DIY menggelar festival ini setiap tahunnya. Anda nantinya dapat menikmati berbagai pertunjukan seni, dari tradisional sampai dengan modern, menyaksikan pemutaran film sampai dengan berburu makanan yang enak dan barang – barang yang menarik.

4. Festival Gamelan Yogyakarta

Selain FKY, nantinya Anda dapat menikmati festival gamelan, yang biasanya juga diikuti beragai Negara. Jadi untuk Anda yang ingin melihat pertunjukannya, bisa datang langsung ke Gedung PKKH UGM tanpa perlum membayar karena Anda dapat menikmatinya secara gratis.

Demikianlah beberapa festival tahunan di Jogja yang memberikan daya tarik tersendiri dan tentu saja akan memberikan kesan yang tak terlupakan ketika liburan di Jogja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here