Festival musik di Jogja memang sering kali diadakan, oleh karena itu tak heran jika hal tersebut menjadi salah satu daya tarik dari wisatawan untuk mengunjungi Yogyakarta. Selama ini kota Jogja dikenal dengan salah satu pusat kesenian yang ada di Indonesia.

Dimana dari momen pertama saat Anda menjejakan kaki di kota ini, Anda akan disambut dengan berbagai macam kesenian.

Berbagai festival kesenian digelar agar dapat menarik pengunjung dan membuat para wisatawan betah selama liburan di Jogja. Mulai dari seni tari, seni musik dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu festival kesenian tersebut diadakan untuk menyapa setiap wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Daftar Festival Musik di Jogja

Ada banyak sekali jenis festival musik yang dapat dinikmati ketika berkunjung ke Jogja, apa saja pilihannya? Inilah beberapa di antaranya:

1. Pentas Angklung di Malioboro

Ada beerapa grup angklung yang sering kali melakukan pentas di sepanjang Jalan Malioboro. Anda nantinya bisa menikmati alunan musik tradisional angklung yang memanjakan telinga Anda. Untuk alat musik yang digunakan adalah angklung yang dimainkan dengan lagu khas Banyumasan. Untuk dapat menikmati alunan musik tersebut, Anda tidak akan dipungut biaya.

Tetapi jika Anda ingin memberikan apresiasi, bia memasukan uang ke dalam kardus yang sudah disediakan oleh grup angklung tersebut.

2. Pertunjukan Musik Malioboro Selasa Wage

Pada hari Selasa Wage, Jalan Malioboro selalu ditutup untuk kendaraan bermotor pada jam 06.00 sampai 21.00 WIB. Sehingga nantinya para pengunjung akan dapat bebas berjalan kaki ataupun bersepeda santai.

Pada saat itu juga diadakan berbagai macam pertunjukan musik yang digelar di sepanjang Jalan Maliooro. Misalnya pertunjukan YK Brass Ensemble yang ada di depan Hotel Inna Garuda, kemudian pertunjukan wayang beber yang ada di depan Mall Malioboro dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua pertunjukan tersebut dapat Anda nikmati secara gratis.

3. Pertunjukan Seni PSBK

Di sini nantinya Anda bisa menyaksikan berbagai kesenian, mulai dari seni musik, tari, teater dan masih banyak lagi yang lainnya. PSBK ini sendiri didirikan dari tahun 1978 oleh seorang seniman yang bernama Bagong Kussudiardja. Untuk menikmati pertunjukan ini tidak dipungut biaya, bahkan tersedia camilan serta minuman secara cuma – cuma untuk setiap pengunjung nantinya.

Selain itu sebenarnya masih ada banyak lagi festival musik di Jogja yang dapat Anda nikmati, bahkan secara gratis. Jadi nantinya Anda akan disambut baik selama liburan di Jogja, sehingga Anda tidak perlu lagi ragu untuk berkunjung ke Jogja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here