Dukungan peran UMKM sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM mengingat selama pandemi UMKM menurun drastis.

Meningkatkan peran dari UMKM selama masa pandemi memang begitu penting mengingat penurunan pendapatan bisa dibilang menjadi dampak yang signifikan. Baik itu untuk usaha besar ataupun UMKM, sehingga bagaimanapun caranya UMKM harus tetap bertahan.

Kurangnya pendapatan dari para pelaku UMKM sendiri diakibatkan oleh lesunya perekonomian dari masyarakat, sehingga sangat perlu untuk memperoleh perhatian yang serius.

Hal tersebut sangat perlu didukung penuh oleh berbagai pihak, mulai dari pemerintah melalui dinas yang terkait dan juga BUMN yang mempunyai program pemberdayaan dengan PKBL atau Program Kemitraan dan Bina Lingkungan.

PT TWC Berikan Dukungan Peran UMKM

PT TWC atau Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan juga Ratu Boko sangat memahami permasalahan yang terjadi dari pelaku UMKM binaannya.

Dan sebagai sebuah usaha pembinaan, PKBL PT TWC kemudian mengikut sertakan mitra binaan Pandan Ngaran untuk dapat berpartisipasi di dalam Pameran Jogja Invite 2020. Dimana diselenggarakan di Sleman City Hall, Yogyakarta.

“Salah satu tugas kita untuk para mitra binaan memang untuk ikut serta dalam memajukan dan juga mengembangkan produk mereka.

Hal tersebut kita lakukan dengan tujuan mengikutsertakan mereka di beberapa pelatihan insentif dan juga agar produk mereka dapat dikenal, dinilai serta dihargai.. sehingga kita bisa belajar mengembangkan kualitas produk kita,” ujar Bambang Sarwo Edy.

Pameran Diinisiasi Pemda Kabupaten Sleman

Kegiatan pameran ini sendiri diinisiasi Pemda Kabupaten Sleman, dimana pameran yang diikuti 8 mitra binaan dari berbagai institusi tersebut bertujuan untuk dapat terus memacu kelangsungan para pelaku UMKM di tengah pandemi covid-19 ini.

Acara tersebut dibuka oleh Aris Riyanta, selaku Kepala Dinas Perindustrian. Di dalam sambutannya, dirinya mengatakan jika pelaku UMKM sangat perlu dukungan agar dapat terus beraktivitas pada masa pandemi seperti saat ini.

“Aktivitas promosi serta investasi pada masa pandei relatif terhenti. Di Jogja sendiri, even promosi offline dapat berjalan yang terpenting tetap mematuhi protokol kesehatan. Yang terpenting adalah semangat kita untuk tetap beraktivitas.

Sehingga belum lama ini, Kota Jogja dapat melepas 17 container furniture dan juga homedeco menuju pasar global. Tentunya menjadi semangat kita untuk dapat melalui masa pandemi seperti saat ini,” ungkapnya.

Dengan dukungan peran UMKM yang diberikan oleh PT TWC, memang sangat membantu para pelaku UMKM untuk bangkit kembali dan semakin mengembangkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here