Cenil Yogyakarta adalah salah satu makanan yang sangat khas yang banyak ditemukan di seluruh penjuru kota Jawa. Tidak terkecuali di kota Yogyakarta. Cenil ini menjadi salah satu jajanan wajib dan favorit bagi masyarakat Yogyakarta. Mungkin bagi beberapa orang masih belum tau apa sih Cenil itu. Yuk simak penjelasan berikut ini ya.

Menikmati Sepincuk Cenil Yogyakarta

Cenil merupakan makanan yang enak dan termasuk salah satu jenis makanan tradisional kota Yogyakarta. Makanan satu ini memiliki rasa yang manis dan juga mempunyai banyak sekali varian rasa. Bentuknya juga lucu ada yang berbentuk bulat ada juga yang berbentuk lonjong.

Cenil terbuat dari bahan tepung Aci atau tepung Pati yang mana membuat teksturnua menjadi sangat kenyal dan agak sedikit lengket. Ditambah lagi tanda taburan gula pasir dan juga kelapa parut yang semakin membuat tampilan dan rasanya semakin enak dan unik.

Nama cenil sendiri adalah kepanjangan dari Aci di enil-enil. Maksudnya adalah tepung aco yang diolah sedemikian rupa sehingga mempunyai bentuk yang unik dan rasa yang menarik. Cenil ini banyak sekali disajikan dan dikonsumsi pada saat sore atau malam hari. Biasanya makanan ini disajikan bersama klepon, getuk , ketan dan sebagainya.

Cenil biasa dijual seharga 250 rupiah per biji. Biassanya para pedagang cenil Yogyakarta pas sore hingga malam hari. Terutama lebih banyak pada saat malam hari karena makanan ini sangat cocok buat menemani suasana makan di kota Yogyakarta.

Makanan tradisional satu ini banyak Anda jumpai di kawasan Malioboro dengan dijual oleh pedagang kaki lima dengan gerobak dan memanfaatkan emperan pasar di jalan Malioboro.

Selain enak dan juga murah, cenil juga bisa dijadikan sebagai oleh – oleh saat berada di kota Jogja. Cenil bisa tahan seharian asalkan parutan kelapa dan gula pasir di pisah. Namun cenil Yogyakarta ini tidak di jual di toko oleh-oleh ya. Jadi mau tidak mau kalau mau beli ya harus mau ke pasar atau ke area Malioboro pada sore atau malam hari.

Kalau Anda ke Yogyakarta wajib banget hukumnya buat makan cenil ini. Selain Anda coba pasti Anda akan merasa ketagihan deh dengan jajanan tradisional murah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here