Siapa yang tak mengenal Candi Sambisari Jogja? Tempat ini memang sempat terkubur selama berabad – abad dalam tanah. Kemudian candi ini ditemukan kembali orang petani yang tidak pernah pudar akan memancarkan pesonanya.

Dan untuk saat ini Candi Sambisari ini lokasinya lebih rendah dibandinkan permukaan tanah yang ada di sekitarnya, hal ini menjadi keunikan tersendiri.

Setelah beberapa candi yang ada di Jogja terkubur akibat Gunung Merapi yang erupsi secara dahsyat. Bahkan kehidupan masyarakat juga porak – poranda. Beberapa tahun kemudian candi – candi ditemukan, namun Candi Sambisari masih belum ditemukan.

Hingga pada akhirnya saat seorang petani yang bernama Karyowinangun sedang mencangkul sawahnya, mata cangkul membentur bongkahan batu dengan pahatan yang ada di permukaannya. Kemudian setelah diteliti, pada akhirnya diketahui jika batu tersebut adalah komponen dari candi, kemudian dilakukan penggalian lanjutan.

Lokasi Candi Sambisari Jogja

Untuk lokasinya sendiri ada di Dusun Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Jika dari kota Yogyakarta, candi tersebut berjarak 12 km ke arah timur.

Agar dapat mencapai ke tempat ini, Anda dapat menyusuri Jalan Jogja – Solo. Setelah sampai di pertigaan Bandara Adi Sutjipto, Anda lurus saja terus. Jika sudah menjumpai pertigaan Gedung Balai Diklat Keuangan Yogyakarta, Anda bisa belok kiri atau menuju ke utara. Nantinya Anda bisa mencapai candi tersebut sekitar 10 menitan.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Untuk jam buka dari Candi Sambisari ini sendiri adalah pukul 08.00 – 16.00 WIB. Sedangkan untuk harga tiket masuknya adalah Rp 5.000,- perorang untuk wisatawan lokal dan Rp 10.000,- perorang untuk wisatawan mancanegara. Sangat terjangkau bukan?

Aktifitas Yang Dapat Dilakukan

Ketika di Candi Sambisari ini, nantinya Anda dapat melakukan beberapa aktifitas seperti menyusuri jejak sejarah dinding candi dan museum. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang merupakan orang penyuka wisata sejarah.

Kemudian bisa juga mengabadikan keindahan candi tersebut melalui foto menggunakan gadet Anda. Nantinya Anda juga dapat bersantai sembari menghabiskan waktu untuk menikmati senja di sore hari karena terdapat hamparan rumput hijau yang sering digunakan untuk tempat bersantai.

Jadi untuk Anda yang ingin mengunjungi Candi Sambisari Jogja, bisa langsung ke lokasi dan nikmati keindahan candi di bawah tanah yang unik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here