Tak dapat dipungkiri jika seni dan budaya Jogja ada banyak sekali yang menarik untuk dibahas. Oleh karena itu, hal tersebut yang menjadi salah satu daya tarik dari kota Jogja dan menjadi alasan mengaa banyak wisatawan asing yang betah lama – lama tinggal di Jogja.

Kebudayaan menjadi ciri khas dari Jogja, dimana unik dan juga antik, jadi siapa saja yang melihat berbagai budaya di Jogja tersebut, akan selalu mengingat Jogja dan ingin kembali lagi ke Jogja.

Budaya Jogja yang Terkenal

Untuk Anda yang ingin lebih mengenal lebih jauh mengenai Jogja, sebaiknya Anda mengetahui berbagai budaya setempat. Terlebih untuk Anda yang ingin liburan ke daerah tersebut. Budaya tersebut dapat menjadi salah satu agenda liburan untuk Anda dan keluarga. Berikut adalah beberapa budaya yang ada di Jogja untuk Anda ketahui:

1. Batik Jogja

Di tanggal 2 Oktober sudah ditetapkan menjadi Hari Batik Nasional, dan hal tersebut tentunya sudah membuktikan jika batik itu sendiri menjadi ciri khas dari Indonesia, khususnya di kota Jogja. Batik sendiri juga sudah menjadi kebudayaan yang diturunkan nenek moyang dan menjadi karya seni yang tidak hanya sekedar goresan canting saja, namun juga kaya makna.

Bahkan batik sendiri juga sudah lama menjadi salah satu wisata budaya yang ada di Jogja, dan batik tersebut adalah batik Giriloyo. Batik ini sendiri memang sangat populer, bahkan sudah kehadiran banyak wisatawan asing dan banyak diminati.
Selain itu untuk kepentingan wisata, Anda nantinya dapat berkesempatan belajar tentang batik tersebut di Jogja dengan berbagai macam motif.

2. Sekaten

Sekaten ini jua menjadi salah satu adat budaya dari Jogja yang telah dilakukan bertahun – tahun. Mungkin semenjak Islam masuk ke Jawa, sekaten diadakan untuk memperingati hari kelahiran dari Nabi Muhammad pada tanggal 5 Rabiul Awal di Kalender Islam.

Wisata adat yang paling populer dari sekaten adalah pasar malam yang dilakukan di Alun – Alun Utara dan diadakan selama 1 bulan.

3. Upacara Labuhan

Salah satu budaya yang cukup terkenal lain adalah upacara labuhan, dimana memang masih lestari dan sampai saat ini masih dijalankan. Masyarakat mengadakan upacara tersebut karena meyakini jika dengan upacara tersebut akan tercipta ketentraman dan juga kesejahteraan serta selalu diberikan keselamatan yang Maha Kuasa.

Itulah beberapa budaya Jogja yang perlu untuk Anda ketahui, dengan demikian nantinya Anda akan mendapatkan lebih banyak pengetahuan yang sangat berguna untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here