Biaya hidup di Jogja murah dan sangat terjangkau. Untuk mendapatkan pendidikan juga sangat bagus bagi mahasiswa.

Menurut Badan Pusat Statistik, Jakarta adalah kota di Indonesia dengan biaya hidup termahal. Lalu, bagaimana dengan kota di Indonesia yang memiliki biaya hidup termurah? Badan Pusat Statistik juga punya data 10 kota di Indonesia dengan biaya hidup termurah. Yogyakarta yang dinobatkan sebagai kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Makanya kota ini sering didatangi oleh mahasiswa dari luar Yogyakarta untuk kuliah.

Selain bisa mendapatkan pendidikan yang bagus, biaya hidup di sana juga terjangkau untuk kantung mahasiswa. Banyak kuliner murah, sih! Selain itu, banyak tempat wisata yang recommended untuk dikunjungi, seperti Candi Prambanan, jalan Malioboro, Kebun Binatang Gembira Loka, Taman Sari Yogyakarta, dan lain-lain.
Biaya untuk tempat tinggal Begitu juga dengan tempat tinggal merupakan kebutuhan yang harus diprioritaskan dan
diperhitungkan sejak awal.

Biaya sewa tempat tinggal murah

Ada banyak tempat tinggal sewa seperti kos, kontrakan, maupun apartemen di Jogja. Tempat tinggal tersebut ada yang khusus putri, khusus putra, dan ada juga yang campuran. Biasanya untuk tempat tinggal sewa sederhana yang bertempat di pinggir kota harganya relatif murah, yaitu berkisar Rp250.000,- per bulan untuk satu orang. Bahkan ada yang mematok harga Rp100.000,- per bulan untuk satu orang, namun fasilitasnya juga terbatas dan kamarnya
sempit.

Rata-rata biaya tempat tinggal di Jogja berkisar antara Rp400.000,- hingga Rp600.000,- per bulan untuk satu orang. Dengan harga tersebut biasanya sudah dilengkapi perabotan, kamar mandi dalam, dapur bersama, dan juga iuran WiFi. Biaya untuk makan Memang bukan rahasia lagi jika manusia membutuhkan makanan dan minuman untuk bertahan hidup. Galon air, beras, minyak goreng, telur, mie instan, dan beberapa makanan lain menjadi kebutuhan pokok bagi perantauan. Jika kamu merasa susah mengatur pengeluaran untuk mengisi perut, berikut tips hidup merantau di Jogja.

Biaya makan sangat terjangkau

Di Jogja ada banyak warung yang menyediakan menu dengan harga di bawah Rp10.000,- per porsinya. Makanan-makanan tersebut diantaranya dijajakan di warung soto, warung bakso, warung bubur, dan aneka nasi bungkus. Jika dikalkulasi dengan frekuensi makan sehari 3x, maka sebulan akan menghabiskan uang sekitar Rp900.000,-. Disebut sebagai surganya para pelajar, kota Yogyakarta memang memiliki banyak Universitas yang berkualitas. Bukan hanya itu saja, kebutuhan hidup di kota Yogya lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa kota besar yang ada di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here