UMKM di Indonesia, termasuk Yogyakarta dapat memperoleh bantuan dari Facebook, dimana total per UMKM bisa mencapai Rp 31 juta. Dana bantuan UMKM dari Facebook ini termasuk dalam Program Hibah ataupun Bantuan untuk UMKM di indonsia. Bantuan itu sendiri diberikan untuk para pelaku UMKM yang mana bisnisnya terdampak covid-19.

Untuk bisa mendapatkan kesempatan yang lebih besar bagi usaha kecil, Facebook sudah memperpanjang batas waktu pendaftaran sehingga menjadi 2 November 2020.

“Selain itu, kami sudah memperluas kriteria kelayakan hibah untuk dapat mencakup semua lokasi di Indonesia,” tulis Facebook Indonesia.

Facebook sangat memahami jika ada banyak usaha yang mungkin saja terus mengalami gangguan karena wabah global seperti covid-19 ini. Facebook juga mendengar jika ada sedikit dukungan finansial yang sangat bermanfaat untuk para pelaku UMKM.

Bentuk Bantuan UMKM dari Facebook

Oleh karena itu, Facebook menawarkan suatu dana bantuan dengan bentuk uang tunai serta kredit iklan untuk usaha kecil yang ada di Indonesia, termasuk Yogyakarta agar dapat membantu selama waktu yang sangat penuh akan tantangan seperti ini.

“Di Indonesia sendiri kami menawarkan sekitar Rp 12,5 miliar di dalam bentuk dana bantuan untuk sekitar 400 usaha kecil yang tentunya memenuhi syarat,” tulis Facebook.

Nantinya dari bantuan tersebut yang bernilai Rp 31 juta tersebut, terdiri dari Rp 19,3 juta dengan bentuk uang tunai dan untuk Rp 11,6 juta di dalam bentuk kredit iklan opsional agar dapat membantu selama periode pandemi ini. Semua angka tersebut masih dalam tahap perkiraan.

Syarat Mendapatkan Bantuan

Untuk bisa mendapatkan bantuan dari Facebook, tentu saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pemohon harus memiliki akun Facebook, kemudian juga merupakan sebuah perusahaan bisnis dan mempunyai 2 sampai 50 orang karyawan per 1 januari 2020.

Kemudian juga sudah menjalankan usaha lebih dari 1 tahun, sudah mengalami tantangan dari covid-19. Dan perusahaan sudah terdaftar resmi di Indonesia, dimana memiliki TDP atau NIB.

Pemohon yang terpilih untuk memperoleh dana bantuan nantinya akan bertanggung jawab atas semua biaya serta persyaratan pajak setempat.

Nantinya akan ada pemberitahuan melalui email setelah mendaftarkan permohonan bantuan UMKM dari Facebook tersebut. Pemohon nantinya tinggal mengikut setiap langkah yang diberikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here