Bantuan langsung tunai UMKM saat ini memang sedang digencarkan oleh pemerintah. Dimana untuk para pelaku usaha mikro, kecil dan juga menengah di Yogyakarta, bantuan ini sangat dibutuhkan. Sehingga tak heran jika pendaftaran BLT UMKM ini diserbu masyarakat. Bahkan masyarakat dapat melakukannya secara online.

Sebelumnya, informasi dari pendaftaran online BLT UMKM yang ada di Kota Jogja ini beredar melalui pesan berantai di grup Whatsapp. Bahkan banyak juga yang mendapatkan pesan berupa SMS dari pihak bank untuk mengurus berbagai keperluannya.

Ketika dikonfirmasi, Kepala BIdang UMKM Dinas Koperasi UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Beasari Sitarini membenarkan akan beredarnya informasi tersebut.

Pendaftaran dari penerima BLT UMKM tersebut dapat dilakukan secara online seperti halnya yang tertulis di pesan yang beredar tersebut.

“Pesan yang beredar memang benar adanya,” ujar Bebasari.

Tetapi untuk dapat menghindari penipuan dari link palsu, pastikan jika masyarakat mengakses link resmi yang diberikan Dinas Koperasi Kota Yogyakarta, yaitu https://forms.gle/oEcCnQrMs4QwRe8z8. Link tersebut sudah dikonfirmasi keenarannya oleh Bebasari.

Bantuan Langsung Tunai UMKM Hanya Untuk Pelaku UMKM Yogyakarta

Bebasari juga mengatakan jika pendaftaran online menggunakan link tersebut hanya dapat berlaku untuk Kota Yogyakarta saja.

“Bantuan ini hanya berlaku di Kota Yogyakarta saja, jika di Bantul tentu saja Bantul, sedangkan jika di Gunung Kidul ya Gunung Kidul,” ungkapnya.

Untuk data pendaftar nantinya akan diusulkan ke tingkat provinsi kemudian akan diusulkan ke pusat. Untuk syarat pendaftaran secara online BLT UMKM Kota Yogyakarta ini sendiri adalah KTP Yogyakarta, kemudian memiliki rekening dan memiliki usaha yang mana dibuktikan dengan Surat Izin Usaha Mikro. Untuk IUMK tersebut dapat dibuat melaui Online Single Submission.

Bebasari juga mengatakan jika pendaftar bantuan ini nantinya hanya perlu mengisi data secara online serta tidak peru lagi mengirimkan berkas secara offline. Bahkan dirinya juga menekankan jika bantuan dari pemerintah ini tidak dipungut biaya apapun.

Tergantung dari Hasil Verifikasi

Tentu saja tidak semua pendaftar nantinya akan lolos karena nantinya akan ditentukan proses verifikasi yang dilakukan di pusat.

“Kami tidak dapat menentukan semuanya pasti mendapatkannya. Karena yang menentukan adalah pihak pusat,” ujarnya.
Kemudian jika nantinya dinyatakan lolos, akan diinformasikan melalui SK yang akan dikirimkan ke provinsi dan bank. Dari pihak bank nantinya akan diberitahu jika pendaftar tersebut dinyatakan berhak sebagai penerima bantuan langsung tunai UMKM tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here