Mendapatkan rupiah dari sosial media saat ini sudah bukan suatu hal yang mustahil. Pekerjaan baru seperti influencer mulai dilirik oleh berbagai anak muda saat ini. Salah satunya adalah Arifan Drepan yang merupakan salah satu influencer sekaligus selebgram Yogyakarta.

Influencer sendiri merupakan predikat yang diberikan oleh orang lain kepada selebgram atau bisa juga orang yang dianggap dapat mempengaruhi konten media sosialnya. Dirinya kemudian berbagi jurus yang dapat ditiru oleh setiap orang yang tertarik dengan influencer itu sendiri.

“Sebenarnya untuk menjadi influencer bisa karena dua faktor, disengaja ataupun tidak disengaja,” ujarnya.

Arifan Drepan Mencontohkan Faktor Menjadi Influencer

Dirinya mencontohkan menjadi influencer yang mana muncul karena faktor tidak disengaja dapat terjadi. Dimana hal tersebut bisa terjadi pada saat video atau kontennye secara mendadak viral tanpa ada perencanaan. Biasanya, mereka yang viral secara mendadak akan dilirik oleh suatu brand untuk dapat mempromosikan produknya di media sosial.

Sedangkan untuk influencer karena faktor kesengajaan dalah mengunggah konten yang sudah terkonsep di media sosial. Suatu konsep dibuat untuk membangun citra diri. Dimana seseorang ingin dikenal sebagai apa di dunia media sosial.

“Konten yang dibuat nantinya akan menjadi personal branding, dimana citra diri yang unik dan juga berkarakter atau memiliki potensi cepat viral dan dikenal,” ujar Arifan.

Dirinya mengungkapkan jika ada influencer yang sudah mengemas citra diri secara aik ataupun dengan pertikaian di media sosial. Hal tersebut bergantung dari keinginan masing – masing orang yang mana ingin menjadi influencer tersebut.

Meskipun demikian, Arifan yang sudah menetap di Jogja sejak lima tahun lalu tidak pernah berniat untuk menjadi influencer yang mana mementuk citra diri dengan suatu pertikaian. Karena dirinya tidak ingin membuat diri yang penuh dengan pertikaian justru dapat menghambat kerja sama dengan perusahaan dan brand.

Arifan Drepan ini sendiri dikenal menjadi influencer dan selebgram dengan akun instagramnya yang bernama @arifandrepan. Untuk jumlah pengikutnya sendiri mencapai 41,1 ribu. Tetapi dirinya mengungkapkan jika saat ini jumlah pengikut tidak terlalu berpengaruh karena yang penting sebenarnya adalah engagement suatu konten yang dapat dilihat dari jumlah komen, repost dan yang lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here