Yogyakarta lebih dikenal sebagai Kota Pelajar. Hal ini dikarenakan banyaknya perguruan tinggi favorit baik swasta maupun negeri tersebar. Selain itu, banyak fasilitas pendidikan salah satunya perpustakaan dan toko buku terkenal di kota ini. Banyak kaum muda nongkrong di berbagai perpustakaan terkenal di Yogyakarta. Tidak hanya memfasilitasi buku bacaan namun juga Free Wifi dan warung.

3 Perpustakaan Terkenal Yogyakarta menjadi Buruan Favorit Kaum Milenial

Yogyakarta identik dengan kota kaum muda dan kota pelajar. Tidak hanya pariwisata dan budayanya yang kaya. Namun, di berbagai tempat di Yogyakarta terdapat fasilitas perpustkaan yang asyik untuk kaum milenial. Beberapa perpustakaan menyediakan layanan hingga jam 12 malam. Berikut beberapa perpustakaan yang sering menjadi jujugan kaum muda di Yogyakarta:

1. Perpustakaan Kota Yogyakarta

Siapa yang tidak mengenal Toko Buku sekaligus Penerbit Gramedia Pustaka dan Kompas? Keduanya berada didekat Perpustakaan Kota Yogyakarta. Hal ini memudahkan kamu berkunjung ke tempat-tempat tersebut tanpa perlu merogoh kocek dalam. Alamat Perpustakaan di Jalan Suroto Nomor 9 Kotabaru.

Secara resmi perpustakaan ini berdiri 2 Mei 1993. Terdapat banyak fasilitas dan layanan seperti, angkirngan, Ruang Diskusi Bersama Istimewa, Sistem Informasi Pemustakan dan lain sebagainya. Kamu dapat berkunjung di jam operqasional hari Senin mulai jam 13.00-20.00 WIB. Selain itu, hari Selasa-Kamis di Jam 08.00-20.00 WIB. Layanan perpustkaan masih beroperasi di hari Jumat-Minggu di jam 09.00-20.00 WIB.

2. Perpustakaan Grahatama Pustaka

Lokasi perpustakaan berada di Jalan Janti Nomor 344 Banguntapan, Kecamatan Bantul. Loas lahan perpustakaan mencapai 2,4 hektar. Perpustakaan ini merupakan salah satu perpustakaan terbesar di Asia Tenggara.

Banyak fasilitas dan layanan yang bisa kamu dapatkan di sini. Beberapa diantaranya meliputi, Auditorium, Free Wifi, Gazebo, Ruang Audio Visual, Mushola dan beragam ruang digital maupun belajar serta bioskop 6 dimensi. Jam buka layanan pada hari Senin hingga Jumat mulai pukul 08.00-22.00 WIB. Sedangkan, di hari Sabtu dan Minggu pukul 08.00-22.00 WIB.

3. Rumah Belajar Modern

Lokasi rumah belajar ini berada di Jalan Imogiri Barat Nomor 56 Kecamatan Sewon. Jenis perpustakaan ini juga berbasis pada aktivitas maupun kegiatan. Tidak hanya memberikan layanan peminjaman maupun pengembalian buku saja. Terdapat fasilitas taman bermain untuk anak-anak. Hal ini membantu anak mengembangkan motorik maupun kognitifnya.

Jam layanan perpustakaan RBM beroperasi di hari Senin hingga Kamis Pukul 08.00-16.00 WIB, hari Jumat pukul 08.00-14.30 WIB dan hari Sabtu pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan, di hari minggu layanan hanya membuka taman bermain saja. Itulah beberapa referensi perpustkaan terkenal Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here